Truk Beburu Solar SPBU, Bikin Macet Lalin

oleh -267 views
Ipda Heddy sebut Personil Satlantas Polres diturunkan urai macet di depan SPBU karena truk antri solar, Rabu 16/6-2021. (foto: dok/jonhar)

Pasaman Barat,— Kelangkaan BBM jenis solar merambah banyak daerah di Sumbar, truk-truk menyerbu SPBU yang ada solarnya.

Akibatnya laku lintas (Lalin) di depan SPBU karena truk antri mau isi solar. Seperti di SPBU wilayah Batang Toman Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Dari pantauan reporter tribunsumbar.com, di SPBU Batang Toman Pasbar, baik arah Padang menuju Simpang Ampek maupun sebaliknya, kemacetan parah terjadi sepanjang satu kilometer lebih sejak pagi sekitar pukul 09.00 Wib hingga pukul 12 :00 Wib siang Rabu 16/6-2021.

Pengawas SPBU Batang Toman ketika di konfirmasi mengatakan, antrian macet terjadi akibat kekosongan BBM jenis solar di sejumlah SPBU di Pasaman Barat.

“Macet imbas banyak SPBU kosong solar, kemacetan panjang terjadi di jalan utama Batang Toman tak terhindari,” ujar pengawas SPBU Simpang Toman itu.

Sementara untuk mengurai macet akibat antrian truk tersebut. Satlantas Polres Pasaman Barat.

Personel Satlantas melakukan buka tutup arus kendaraan secara bergantian guna mengurangi kemacetan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.


Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariadi melalui Kasat Lantas Polres Pasbar Iptu Indra KS, diwakili Kanit Turjawali Ipda Heddy Permana Putra mengatakan, selain kekosongan BBM solar di sejumlah SPBU di Pasbar, kemacetan panjang terjadi disebabkan sempitnya jalan yang hanya dua jalur untuk dua arah.

“Iya, selain kelangkaan solar, kemacetan terjadi tidak berkemungkinan akibat sempitnya jalan yang hanya dua jalur untuk dua arah, karena antrian kendaraan yang mengisi BBM yang mendominasi rata-rata truk besar maupun bus,” ujar Kanit masih muda ini

Dikatakannya, hingga pukul 12: 15 Wib siang tadi kondisi lalu lintas di sekitar SPBU Batang Toman sudah mulai lancar aman dan terkendali.

“Kita menghimbau, bagi pengendara agar tidak lupa tetap memperhatikan rambu lalu lintas untuk keselamatan, ” ujarnya.(jonhar)