Tuanku Bosa XV Jhonny ZA Berbagi Ilmu dan Pengalaman pada Musrenbang Nagari Talu 2024

oleh -746 views
oleh
746 views

Pasaman — Diawal tahun 2024, Kabupaten Pasaman Barat menggelar rangkaian kegiatan Rapat Paripurna dalam rangka HUT Ke-20 Kabupaten Pemekaran Pasaman itu. Tepatnya pada Minggu (7/1/2024) di Padang Tujuah Kecamatan Pasaman, selain dihadiri tokoh masyarakat kabupaten itu juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Pasbar diperantauan, diantaranya Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi.

Pantauan wartawan media ini Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi yang berdomisili di Jakarta itu, sebelumnya kehadiranya pada rapat paripurna tersebut, dalam lawatanya ke Kabupaten Pasbar Sumbar, tokoh masyarakat Adat Rang Talu ini juga hadir sebagai nara sumber dalam Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Talu 2024, yang berlangsung, Jumat (5/1/2024).

Seperti diketahui Musrenbang Nagari Talu merupakan forum antar para pelaku pembangunan, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kenagarian Talu untuk tahun 2024.

Pelaksanaan Musrenbang Nagari Talu bertujuan untuk mendapatkan masukan, dan usulan, guna menyusun RKPD dan mengutamakan skala prioritas pembangunan yang ada di Nagari Talu dengan program prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun dari APBN.

Musrenbang tersebut digelar Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Talu, bekerjasama dengan pemerintah nagari setempat, dihadiri oleh Kasi Ekbang Kecamatan Talamau, Eva , Walinagari Talu, Mahyu Danil, lima Kepala Jorong, Karang Taruna, Bundo Kanduang, Babinsa serta Babinkantibmas Nagari Talu dan istimewa dihadiri Tokoh Masyarakat Perantauan Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi sekaligus sebagai nara sumber.

Menurut Ir H Jhonny ZA, MM, MSi, Tuanku Bosa XV, pengunaan dana nagari mesti dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan perekonomian. Salah satunya menggerakkan Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) dengan melakukan usaha sesuai potensi nagari.

“Dana Desa (Nagari-red) mesti diupayakan fokus dengan salah satu produk sehingga bisa menggerakkan Bumnag. Saya berharap Bumnag Nagari Talu harus bergerak terus untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Jhonny bersemangat.

Jhonny mengharapkan pelaksanaan Musrenbang ini, bisa menjadi media interaktif bagi peserta yang hadir guna menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan, guna mendukung implementasi program kegiatan tahun anggaran berikutnya, serta membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel.
Untuk itu, Ir H Jhonny ZA, MM, MSi, Tuanku Bosa XV, yang sehari-harinya akademisi di Ibukota RI mengatakan, bahwa Walinagari harus bisa mengakomodir seluruh masukan atau usulan dari berbagai unsur yang ada dilapisan masyarakat, dan bisa sinergi dengan program kegiatan prioritas antara Nagari, dengan pemerintah tingkat kecamatan dan Kabupaten.

Jhonny juga berharap kepada OPD yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat agar dapat lebih memperhatikan aspirasi masyarakat Nagari Talu, karena masyarakat sangat membutuhkan sentuhan dan bantuan dari pihak pemerintah.

“Memang sejak pemekaran nagari dari 19 Nagari menjadi 90-an Nagari pemekaran di Pasaman Barat, dalam menjalankan koordinasi perlu lebih dimaksimalkan dimasa mendatang, dengan harapan animo atau partisipasi dari masyarakat dapat ditingkatkan lagi,”ungkapnya.

Sementara itu, Jhonny dalam Musrenbang itu mengungkapkan juga bahwa masyarakat mengeluhkan soal sebagian target pembangunan infrastrur belum menyentuh kebutuhan utama masyarakat. Dan ia berpesan untuk menghadapi Pesta Demokrasi 2024 masyarakat Kenagarian Talu dan sekitaranya dapat bersinergri dengan aparat TNI dan Polriuntuk mejaga stabilitas kerukunan dimasyarakat di saat masa kampanye pilpres dan pilkada.
Serta bersama-sama kita dorong masyarakat menjadi pemilih yang cerdas yang akan menghasilkan pemimpin yang lebih baik dimasa mendatang.

“Apapun hasil Musrenbang Nagari Talu 2024 dan juga usulan-usulan dari masyarakat Nagari Talu, baik yang sudah terealisasi ataupun yang belum terealisasi, akan menjadi catatan bagi kami diperantauan, dengan harapan usulan-usulan tersebut akan terealisasi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Nagari Talu” pungkas Jhonny. (Agusmardi)