Tuntas Verifikasi KPU, H Leonardy Harmainy Lolos DPD RI dan Dipersilahkan Daftar ke KPU

oleh -317 views
oleh
317 views
Leonardy Harmainy lolos Calon DPD RI, ditunggu mendaftar ke KPU pada awa Mei 2023. (dok)

Padang – Tiga Senator DPD RI 2019-2024, dipastikan maju lagi pada Pemilu 2024. Satu di antaranya H Leonardy Harmainy.

Pada verifikasi akhir KPU Rabu 12/4+2023.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan 18 dari 20 bakal calon DPD RI daerah pemilihan Sumbar memenuhi syarat dukungan pemilih.

“Allhamdulillah Abang Leonardy Harmainy lolos demgan jumlah dukungan memenuhi syarat 2188,” ujar LO Calon Leonardy Harmainy, Zulfadli, Kamis 13/4-2023 kepada media di Padang.

Leonardy Harmainy mengatakan ditetapkan sebagai bakal calon DPD RI lolos verifikasi, dia akan mengikuti seluruh tahapan selanjutnya.

“Tentu dengan penetapan ini akan mengikuti pentahapan berikutnya, dan ucapan terimakasih saya sampaikan kepada KPU Sumbar yang bekerja all out memverifikasi berkas dukungan mulai verifikasi administrasi dan faktua,” ujar H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH.

Leonardy Harmainy kini dipercaya sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD RI bukan anak kemarin sore di pentas politik Sumbar dan nasional.

Leonardy Harmainy anak rang Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Dia lahir di Bukittinggi 7 September 1956. Leonardy pada periode 2019-2024 berhasil terpilih sebagai anggota DPD RI dan selama dua periode di DPD RI menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD RI, dan Leonardy Harmainy pernah menjadi Ketua DPRD Sumbar.

Proses pencalonan DPD RI Dapil Sumbar,  diketahui awalnya 30 calon yang mendaftar ke KPU Sumbar. Dari verifikasi administrasi KPU Sumbar menetapkan 23 berkas bakal calon (bacalon) anggota DPD RI Dapil Sumbar dinyatakan lengkap oleh KPU Sumbar.

Dari verifikasi factual tahap I sebanyak 12 Bacalon KPU  menyatakan dukungan dan sebaran daerah dukungan memenuhi syarat.

“Pada verifikasi faktual tahap pertama ini, sebenarnya Bang Leonardy Harmainy sudah memenuhi syarat mendafar ke KPU sebagai calon DPD RI, ” ujar Zul Fadli

Selanjutnya dilakukan dari perbaikan berkas dukungan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual tahap dua, ditetapkan delapan Bacalon memenuhi syarat dukungan dan sebaran daerah dukungan sehingga hanya 18 dari 20 memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai bacalon DPD RI.

Keberhasilan ini tentu disikapi secara bijak olrh Leonardy. Leonardy mengucapkan terimakasih atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dari KPU Sumbar dan KPU Kabupaten/Kota hingga penetapan 18 bacalon. KPU benar-benar berupaya maksimal membantu para bacalon lewat helpdesknya.

“Alhamdulillah, semoga pada tahapan berikutnya, KPU kembali menunjukkan kinerja yang baik dan mampu bekerjasama dengan Bawaslu Sumbar dalam menyelenggarakan tahapan pemilu di daerah ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Tak lupa Leonardy mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan selama ini, khususnya mereka yang memberikan dukungan KTP untuk pencalonannya dan telah menyatakan dukungannya kepada petugas yang melakuan verifikasi.

“Terima kasih pun saya haturkan kepada para petugas penghubung di kabupaten/kota dan semua pihak yang telah membantu dalam lanjut ke tahapan saat ini. Semoga dukungan terus mengalir hingga pemilihan nanti,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Leonardy Harmainy adalah politisi senior. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sumatera Barat periode 2004-2009 yang berasal dari Partai Golkar. Saat itu, ia juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Barat dan berbekal pengalaman memimpin berbagai organisasi, seperti Gapensi Sumbar, Pemuda Pancasila, Forki.

“Allhamdulillah, karir politik Bang Leonardy tak permah berhenti dari 1999 hingga kini, sebagai bukti ada kepercayaan besar masyarakat terhadapnya. Bahkan sejak Agustus 2020, Bang Leonardy dipercaya sebagai Ketua Umum PB Lemkari. Perlahan tapi pasti, Bang Leonardy berupaya menjadikan Lemkari meraih prestasi yang gemilang,”ujar Zulfadli

Pada 1999, Leonardy Harmainy terpilih sebagai Anggota MPR RI. Periode 2004-2009 terpilih sebagai Ketua DPRD Sumbar. Di periode 2009-2014 menjadi Wakil Ketua DPRD Sumbar.

Pada tanggal 24 Mei 2017, mantan ketua DPRD ini dilantik sebagai pengganti antar waktu (PAW).Melanjutkan perjuangan membawa aspirasi masyarakat Sumatera Barat bersama dengan tiga anggota terpilih lainnya.

Untuk periode selanjutnya, beliau kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dan berhasil terpilih menjadi anggota DPD RI periode 2019-2024. Di periode 2019-2024, setiap tahun dilakukan pemilihan Ketua Badan Kehormatan DPD RI pria yang akrab dipanggil Bang Leo ini selalu dipercaya sebagai ketuanya.

Alasan para koleganya di DPD RI, sosok dan pengalamannya masih dibutuhkan dalam memimpin alat kelengkapan yang bertugas menjaga harkat, martabat, citra, marwah dan kehormatan kelembagaan DPD RI melalui penegakan tata tertib dan kode etik.

Lewat alat kelengkapan DPD RI lainnya, Leonardy telah melakukan berbagai kunjungan ke nagari-nagari/desa/kelurahan, kantor camat, instansi/lembaga pemerintah di berbagai kabupaten/kota. Banyak aspirasi, harapan yang dimintakan masyarakat untuk diperjuangkannya. Dia pun bekerjasama dengan instansi vertikal yang ada di Sumbar dalam melakukan tugas pengawasan terhadap pelaksaan undang-undang.

Namun Leonardy mengakui, memang belum semuanya terkunjungi olehnya karena keterbatasan waktu dan kesempatan. Dalam waktu yang tersisa pada periode ini, kunjungan itu akan terus dilakukan, sebab berada di tengah masyarakat, mendengarkan informasi, keluhan maupun harapan mereka merupakan imun tersendiri baginya. Terutama saat aspirasi itu berhasil dia perjuangkan.

Menurut Leonardy, pemikiran dan tindakannya mendapat dukungan dari istri tercinta Ilya Rosa Anas Malik. Ilya Rosa adalah putri dari mantan Bupati Padang Pariaman periode 1980-1990, Anas Malik dengan Juwita Anas Malik. Menantunya, Hendri Septa B.Bus (Acc), MIB yang menikahi putrinya Genny Putrinda, pun kini dipercaya sebagai Walikota Padang.

Artinya, Leonardy menjadi sosok yang senantiasa diberkahi berbagai karunia oleh Allah SWT. Dia pun kembali maju sebagai Bacalon DPD RI untuk periode selanjutnya tak lepas dari dukungan dari masyarakat di berbagai daerah yang dia kunjungi. (adr)