Turun Perdana Zahratus Syifa Raih Emas Kejurnas PB Forki

oleh -2,015 views
oleh
2,015 views
Perdana di kelas 53, kkarateka ini raih emas Kejurnas Forki, awal Februari di Jakarta. (agusmardi)

Payakumbuh — Zahratus Syifa menjadi peraih medali bagi Sumatera Barat pada Kejuaraan Nasional Karate Piala Menteri ATR/BPN, yang berlangsung 6-8 Februari 2024 di Jakarta. Zahratus Syifa yang berat badanya 52 kg turun dikelas 53 Kg junior putri.

Zahratus Syifa, remaja kelahiran 8 November 2007, telah mengenal olahraga karate sejak usia dini. Betapa tidak Zaharatus Syifa tinggal di kawasan Mako Brajasakti 131 dan bergabung latihan karate pada Dojo Brajasakti 131 Junior dibawa binaan pelatih Silvawita Nalia, mantan atlet karate perguruan Lemkari, yang saat ini berdomisili di Payakumbuh.

“Baru kali ini merasakan persaingan begitu keras, tidak seperti di kejuaraan daerah. Pada Kejurnas yang baru saja diikuti memang benar-benar mesti berjuang keras untuk sampai ke final kelas 53 Kg Junior Putri ini,” kata Zahratus Syifa yang akrab disapa Ratu, Jumat 8/3-2024 di Payakumbuh.

Pada semifinal kelas 53 Kg Junior Putri Kejurnas Karate Piala Menteri ATR/BPN 2024 ini, Zahratus Syifa mengalahkan Valentina (Inkanas/DKI Jakarta) dengan skor menang tipis 3-2.

Di kelas bergengsi junior putri ini diikuti puluhan atlet karate andalan dari berbagai provinsi se Indonesia ini, di awal debutnya, Zahratus Syifa mengalakan Saskia Novita (Shokaido) selanjutnya membungkam Ardiani Siti (Inkanas/Sumut) dengan skor 4-3.

Pada babak final berhadapan dengan Nindya Kirana Paramitha dari perguruan ASKI menang tipis 1-0, yang dikawal langsung pelatihnya, Agung.

Zahratus mengaku menggeluti karate sejak usia dini di Payakumbuh. Ia tampil bertanding buah dari latihan keras di dojo binaan pelatih Silvawita Nalia, Karateka DAN III Lemkari di Dojo Lemkari Brajaksakti 131 Junior.

Meski pelatih dojonya Silvawita, Zaharatus Syifa mengaku mampu merebut medali emas Kejurnas Karate Piala Menteri ATR/BPN Tahun 2024 berkat gemblengan pelatih Agung Relil P.

Zahratus, tercatat sebagai siswa SMAN 4 Sumbar ini berharap mampu meraih hasil optimal pada cabang karate di masa mendatang, dengan menjadi atlet PON Sumbar atau turun di ajang Pomnas di saat dirinya berstatus mahasiswa nantinya.

Setelah Kejurnas Karate Piala Menteri ATR/BPN Tahun 2024, Zaharatus anak dari pasangan Zulkifano dan Reni Maulina ini akan tampil di ivent-ivent Kejurnas Karate lainnya pada tahun mendatang dan ia berharap bisa tampil di ajang PON nantinya. (agusmardi)