Uihhh Keren Wakil Rakyat Ini, Titip Pokir Untuk Karang Taruna

oleh -300 views
Iwan, Anggota DPRD Sawahlunto saat Reses di Kecamatan Barangin, pastikan alokasi Pokir untuk Karang Taruna se kecamatan tersebut, Sabtu 20/2 (foto; dok/mp)

Sawahlunto,—Top dech, wakil rakyat satu iniĀ  dia paham jadi wakil rakyat karena suara rakyat, maka semua kinerjanya tentu dikembalikan lagi kepada rakyat.

Dia, Iwan Kurniawan, Anggota Komisi III DPRD Kota Sawahlinto, Sabtu 20/2 di kelurahan Durian II Kecamatan Barangin. saat kegiayan serap aspirasi masyarakat melalui Reses.

Biasa sih reses, tampung dan janji perjuangkan aspirasi di gedung wakil rakyat, tap Iwan beda, Reses saat ini dirasakan masyarakat istimewa, karena peserta temu wakil rakyat itu mayoritas generasi muda khususnya pengurus karang taruna se-kecamatan barangin bersama Karang Taruna

“Pada Reses masa sidang I tahun 2021 ini saya sengaja menyerap aspirasi dari kelompok pemuda karang taruna dan insan olahraga yang ada di Sawahlunto karena kedepan saya ingin dana pokok-pokok pikir (Pokir) dewan lebih banyak menyentuh sektor ekonomi untuk kesejahteraan rakyat serta olahraga untuk kesehatan generasi muda,”ujar Iwan.

Iwan mengatakan karang taruna se-kecamatan Barangin menjadi fokus perhatiannya sebab disini masih perlu digali potensi lokal generasi muda karang tarunanya melalui wirausaha penumbuhan UEP.

Baginya jika semakin banyak karang taruna jalankan UEP maka akan memudahkan akselerasi perekonomian daerah.

“Apalagi UEP Karang taruna ini tergolong pelaku ekonomi sektor rill mikro kecil,” ujar wakil rakyat dari Partai Demkrat.

Iwan menjelaskan dia akan fokus alokasikan Pokirnya ke penumbuhan dan pengembangan UEP Karang taruna di kecamatan Barangin.

“Sebagai anggota DPRD saya ingin sampaikan bahwa pokir ini tidak hanya ditujukan untuk pembangunan fisik tapi juga akan diarahkan ke non fisik pemberdayaan SDM masyarakat. Saya tergerak pemberdayaannya untuk karang taruna karena secara stelsel pasif saya adalah warga karang taruna juga usia 13-45 tahun,”ujarnya.

Pada Reses ini ada beberapa aspirasi yang disampaikan oleh karang taruna. Netropen ketua karang taruna lumindai menyampaikan bahwa karang taruna Lumindai sudah memiliki kelompok taruna tani dengan UEP yang dikelola penggemukan sapi yang berjalan sejak oktober 2020.

Selain itu Lumindai juga memiliki kelompok UEP budidaya maggot masih skala kecil memanfaatkan sisa sampah organik sebagai bahan baku.

“Kami ingin dialokasikan Pokir Pak Iwam untuk bangunan semi permanen budidaya maggotnya,” ujar perwakilan Karamg Taruna Lumindaim

Kemudian Ketua Karang Taruna Durian Dua Cosmas sampaikan UEP dikelola karang tarunanya sudah berjalan, fokus pengolahan sampah plastik dan berharap ada bantuan pengembangan berupa sarana prasarana pendukung seperti becak motor sampah.

Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, mengatakan saat ini karang taruna se-sawahlunto memang terus menggiatkan UEP di samping kegiatan lain yaitunya usaha kesejahteraan sosial (UKS) dan rekreasi olahraga kesenian (ROK).

“Melalui reses DPRD ini kami juga sampaikan aspirasi agar hadirnya Perda lembaga kemasyarakatan desa dan kelurahan Sawahlunto,” ujar.Andri.

Menjawab keinginan-keinginan karang taruna yang muncul malam itu, taboa banyak kilah, Iwan tegaskan siap alokasikan Pokirnya Rp 400 juta untuk pemberdayaan karang taruna se-kecamatan Barangin.

“Saya akan poskan kegiatannya di dinas sosial kota atau pun nanti jika bisa dengan mekanisme hibah pun juga saya siap, untuk hibah nanti kita konsultasikan lebih lanjut dulu aturannya ke BPKAD Sawahlunto. Jika karang taruna kota punya referensi hibah di daerah lain untuk karang taruna tolong input informasinya ke saya,”ujar Iwan.(mp)