UMKM kamang Magek Dibekali Pemasaran Digital

oleh -36 views
UMKM di Kamang Magek dilatih Pemasaran Digital oleh ITB HAS dan LLDIKTI. (sa)

Agam, —Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Haji Agus Salim Bukittinggi bekerjasama dengan dosen LLDIKTI Wilayah X mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam, Senin 3/10-2022.

PKM tersebut untuk meningkatkan kapasitas Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), kelompok tani (Poktan), dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Kecamatan Kamang Magek.

Disampaikan Ketua P3M ITB HAS, Dr Anne Putri, SE, MSc, Ak, CA, kepada UMKM, Poktan dan Pokdarwis yang hadir diberikan pembekalan dari para dosen tentang bagaimana pengelolaan keuangan dan pemasaran digital.

“Saatnya akademisi dan praktisi berkolaborasi dan bersinergi untuk memajukan daerah sesuai dengan kurikulum Kampus Merdeka,” ujar Anne.

Lanjut Anne, InsyaAllah PKM ini berkelanjutan untuk mengangkat dan mencari solusi permasalahan yang ada pada masyarakat, khususnya di Kecamatan Kamang Magek.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Kamang Magek mempunyai beraneka macam produk olahan makanan yang dihasilkan UMKM. Selain itu pertanian dan alamnya sangat tinggi potensinya untuk dikembangkan.

“Karena konsentrasi ITB HAS adalah teknologi dan bisnis, maka pengetahuan tentang usaha yang baik berikut pemasarannya yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga usaha yang dilakukan bisa berkembang. Apalagi saat ini kita sudah di era digital,” tukas Anne.

Anne mengucapkan terima kasih atas sambutan, supor dan fasilitas yang luar biasa dari kecamatan dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP), serta masyarakat Kecamatan Kamang Magek.

Turut hadir dalam acara PKM tersebut, beberapa dosen LLDIKTI Wilayah X, Camat Kamang Magek Ifradi, SE, Kepala BPP Kamang Magek Rismayeti, dan puluhan pelaku UMKM, Poktan dan Pokdarwis di Kecamatan Kamang Magek.(sa)