Unand Siapkan SDM dan Teknologi Digital Handal Kampus Merdeka Belajar

oleh -89 views
Rektor Unand Prof Yuliandri menjadi pembicara secara virtual pada NGOBRAL IKA Unand, Kamis 1/7-2021 di Barau Coffee Muaro Padang. (foto: dok)

Padang, — Rektor Unand Prof Yuliandri pada NGOBRAL IKA Unand di Barau coffee and eat, Kamis 1 Juli 2021 mengatakan Kampus Merdeka Belajar dipercepat pelaksanaannya di masa pandemi covid-19.

“Meski sebelumnya Unand harus menyesuaikan perubahan tata kelola lembaga. Oktober 2019 ada kabinet, berubah Kemenristek Dikti menjadi Kemendikbud. Implikasinya semua kebijakan pun berubah, awal 2020 semua Peguruan Tinggi kiblat kinerjanya ke Kemendikbud lagi. Saat itu untuk penyesuaian anggaran mencapai empat bulan lamanya waktu itu ” ujar Prof Yuliandri.

Proses berubah nomenklatur kementerian menjadi tantangan belum. lagi kerja keras mengejar target capaian. Juga ada proses perubahan status Univeristas Andalas. Kini di masa pandemi covid-19 Kemendikbud mencanangkan pelaksanaan Program Kampus Merdeka Belajar yang menuntut perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Unand menjadi kampus pionir melaksanakan program kampus merdeka belajar. Kita menyesuaikan semua instrumen untuk melaksanakan kampus merdeka tersebut, ” ujar Prof Yuliandri.

Saat covid-19 Unand langsung memindahkan belajar sscara daring.

“Dan semua persiapan kita untuk program kampus merdeka dan belajar kita laksanakan dengan melakukan maintenance sistem saat belajar daring dilakukan, ” ujar Yuliandri.

Menurut Yuliandri kebijakan tranformasi digital terus berproses mulai penguatan akses dan server diupgrade juga kesiapan SDM.

“Proses dilakukan Unand tetap terbuka untuk mengajak kampus swasta di Sumbar, ayo kita berkolaborasi untuk laksanakkan dan sukses program kampus merdeka belajar, ” ujar Prof Yuliandri. (rls: hms-kongres6)