Unidha menggebrak, Gandeng BI Berdayakan Nagari

oleh -239 views
Rektor Unidha Prof Dedi sebut kampus binaan Alumni Unand menggebar berdayakan potensi nagari, Rabu Diskusi Nasional di Aula Bank Indonesia, Selasa 18/2. (foto: dok/hms-unidha)

Padang,— Universitas Dharma Andalas (Unidha) terus memainkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Unidha menggebrak gandeng Bank Indonesia (BI+ berdayakan potensi nagari di Sumbar.

Program digarap bersama BI itu bidang pariwisata. Diawali menggelar forum diskusi nasional. Rektor Unidha Prof Deddi Prima Putra kepada wartawan menjelaskan, Unidha kampus binaan alumni Unand terus melakukan berbagai hal memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama Sumatera Barat dan nasional.

“Kini kami menggelar forum diskusi fokus membahas permasaahan pariwisata, yang potensinya tersebar di pelosok nagari. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang diharapkan bisa menjadi kekuatan ekonomi. Berbagai pihak sudah melakukan program program pemberdayaan pariwisata nagari. Unidha hadir dan tampil untuk memberikan nilai lebih sesuai perannya dalam menjalankan Tri Dharma,” ujar guru besar pemilik banyak hak paten bidang farmasi ini, Selasa 18/2 di Padang.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber kompeten dari kementerian, dinas terkait, pelaku wisata dan masyarakat penggerak wisata dilaksanakan atas kerjasama kampus dengan Bank Indonesia.

“Kita laksanakan di Aula BI. Sejumlah pelaku wisata nagari, para wainagari yang memiliki potensi wisata dan telah memulai mengembangakan wisata diundang panitia,”ujar Prof Dedi.

Ketua Panitia Ketua pelaksana Renita Asri, didampingi Humas
Eka Mariyanti, persiapan kegiatan dilaksanakan secara marathon dan panitia bertekad para pihak yang diundang terutama walinagari dan pelaku wisata benar benar hadir dan bisa mengikuti rangkaian kegiatan secara full.

“Kita sudah conform narasumber, peserta dan pihak yang diundang hadir. Insya Allah kegiatan ini bisa memberi sumbang pemikiran positif. Saling berbagi informasi dan pengalaman. Karena kita menghadirkan juga peaku wisata untuk testimoni kegiatan mereka,” ujar Renita.

Kegiatan ini sekaigus launching Pusat Studi Pengembangan Nagari (PSPN), dengan mengambil tema diskusi “Pengembangan Potensi Nagari untuk Mendorong Pertumbuhan PariwisataSumatera Barat”.

Pusat Studi Pengembangan Nagari (PSPN) Unidha merupakan sebuah lembaga yang bernaung di bawah Unidha.

PSPN Unidha mengemban misi dan komitmen terhadap pengembangan nagari serta memiliki kompetensi yang tinggi untuk memainkan peranan yang spesifik dalam mengakomodasi berbagai disiplin ilmu yang salingberkaitan yang mendukung studi-studi tentang pengembangan nagari dan kawasan di Sumatera Barat.

Adapun narasumber diundang panitia Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, KepalaDinas Pariwisata Sumbar, Kepala BI Sumatera Barat Bapak, KetuaForum BUMDes Indonesia / Staf Ahli Kemendes dan Success Story dari Green Talao Ulakan Padang Pariaman. Dan akan dihadiri oleh Kepala Daerah dari 8 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat beserta 25 Nagari. (*rls/hms-unidha)