Verfak Perdana KI Sumbar, Disdukcapil Terapkan Prinsip Layanan Cepat, Mudah dan Murah 

oleh -32 views

Padang, — Komisi Informasi Sumatera Barat (KI-SB) memulai verifikasi faktual (Verfak) Monev 2022, Senin 12/9-2022.

Tim KI Sumbar terdiri dari Arif Yumardi (Wakil Ketua KI-SB), Adrian Tuswandi (Komisioner KI-SB) dengan dua verifikator Utami Tiwi dan Anggi Pratama, Tim Verfak KI-SB di temui langsung oleh PPID Pelaksana sekaligus Sekretaris Disdukcapil Yulfina bersama Wandi dan Rahman Hakim dan Dara selaku Kasubag Umum Disdukcapil melayani dua verfikator KI-SB.

“Verfak ke Disdukcapil. adalah perdana dilakukan untuk kategori OPD lingkup Pemprov Sumbar, Verfak untuk uji bukti terkait isian quisioner dan website Disdukcapil yang masuk 10 besar penilaian Monev tahap 1 dan 2,” ujar Arif Yumardi.

Yulfina mengatakan Disdukcapil punya semangat tak mah kalah soal KIP dengan OPD lain di Sumbar atau Disdukcapil se Indonesia.

“Kami punya 24 aplikasi yang bisa diakses, di data kependudukan kita bisa memotret data kependudukan se Sumbar bahkan sampai ke Nagari se Sumbar,” ujar Yulfina

Bahkan aplikasi itu ada data running jumlah kependudukan lewat gis.disdukcapil. kemendagri.go.id

“Semua bisa dilihat di situs ini, no login loh,”ujar Yulifina.

Disdukcapil punya update data kependudukan Sumbar dua kali dalam satu tahun lewat app. disdukcapil..go.id:82.

Bahkan kata Yulfina kekinian sudah ada digital.id penduduk di Indonesia.

“KTP dan NPWP dan data vaksin termasuk data keluarga sudah berbasis online,”ujar Wandi. Website digital.id untuk Sumbar baru 4000an sejak launching Mei 2022.
“digital id masih proses sosialisasi dan promosi,” ujar Yulfina. (***)