Wabup Amrizal Dt Rajo Medan Serahkan Beasiswa Baznas

oleh -51 views
Wabup Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan serahkan beasiswa Baznas, Senin 13/1 di Aula Kantor Bupati. (foto: dok/hms-dms)

Dharmasraya,—Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, serahkan bantuan Beasiswa Satu Keluarga Satu Serjana (SKSS) untuk 51 Mahasiswa di berbagai perguruan Tinggi Negeri di pulau Sumatera dan pulau jawa, Senin 13/1.

Penerima peroeleh beasiswa sampai  wisuda dengan syarat IPK di atas 3,00 dan wajib laporkan hafalan ayat Alquran ke Baznas Dharmasraya per satu semester.

Wakil Bupati mengharapkan kepada Mahasiswa/i SKSS dan Kader Ulama agar berprestasi, beriman dan membawa nama baik Dharmasraya di manapun berada.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya menyalurkan bantuan program Satu Keluarga Satu Sarjana untuk mewujudkan setiap KK di Kabupaten Dharmasraya memiliki sarjana.

Dan pada tahun 2019 ini Baznas Kabupaten Dharmasraya melaksanakan program SKSS untuk 51 orang calon mahasiswa/i yang diperlukan akan diberikan beasiswa pendidikan hingga sarjana, terdiri dari 30 siswa SSKS dan 21 siswa kader ulama tahun 2019.

Program Baznas Dharmasraya yaitu Dharmasraya Cerdas, Di mana kegiatan ini, pemerintah memberikan beasiswa kepada masyarakat miskin untuk memberikan kesempatan kuliah di perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Barat.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya H. A Gani mengatakan bahwa Baznas ikut serta dalam program yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yakni menjadikan satu keluarga satu sarjana (SKSS).

“Dalam program ini, Baznas akan membiayai mulai dari awal kuliah hingga sampai selesai,”ujar Gani.

Untuk  program SKSS kerja sarjana itu sudah berjalan sejak tahun 2013 jadi kalau dihitung sampai sekarang sudah 139 orang menerima manfaat program. 25 orang sudah wisuda dan sudah banyak yang mendapatkan pekerjaan.

“Kita telah kalkulasikan dan nanti tentu akan kita pantau, jika dalam pantauan prestasi menurun dan tidak sesuai dengan target lulus maka akan kita putus beasiswanya. Jadi ini menjadi motivasi bagi para penerima bantuan, sehingga benar-benar memanfaatkan bantuan dari Baznas ini untuk menjadi generasi yang mandiri dan berilmu pengetahuan. Target kita seluruh masyarakat Dharmasraya tidak ada lagi di satu keluarga yang tidak sarjana,”ujar Amrizal.(hms-dms)