Wakil Bupati Rahmang, Hadiri DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia

oleh -242 views
oleh
242 views

Pauh Kamba,- Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, menghadiri acara Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kabupaten Padang Pariaman Masa Bhakti Tahun 2022-2026. Bertempat di lantai II Aula Puskesmas Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris, kemarin Jumat (21/10).

Pada kesempatan itu, Wabup Rahmang mengucapkan selamat kepada pengurus DPC Persagi Padang Pariaman yang baru saja dilantik. Dia menyebut, masyarakat Padang Pariaman sangat menantikan kiprah dan karya dari DPC Persagi dalam membersamai pemerintah menciptakan generasi-generasi unggul penerus bangsa.

“Semoga pelantikan ini menjadi sebuah angin segar bagi Kabupaten Padang Pariaman, dimana para ahli gizi bersatu untuk memecahkan masalah gizi masyarakat, yang kita ketahui bersama masih memerlukan peningkatan demi menciptakan Padang Pariaman yang sehat, Unggul sejahtera, dan bebas stunting,” tuturnya berharap.

Kemudian Wabup Rahmang yang juga ketua Tim Percepatan Pencegahan Stunting (TPPS) Padang Pariaman menyampaikan, melalui momen ini diharapkan semua organisasi profesi kesehatan yang ada harus saling berkolaborasi dan tidak mengedepankan ego profesi masing-masing. Bahkan Wabup Rahmang mendukung untuk semua ahli gizi dapat membuka praktek juga dalam memberikan pelayanan konseling pada masyarakat.

“Dalam upaya peningkatan kompetensi ahli gizinya seluruh anggota Persagi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya,” ulasnya memberi motivasi.

Sementara itu, Ketua DPC Persagi Padang Pariaman terpilih periode 2022-2026 Yenizar Dwi Putri, S.Gz melaporkan, bahwa Persagi Padang Pariaman memiliki anggota sebanyak 61 ahli gizi, 5 pengurus inti, dan 7 Koordinator Bidang (Korbid), serta anggota pengurus yang baru saja dilantik.

Dan dia menyatakan, DPC Persagi Padang Pariaman akan tetap mendukung apa yang menjadi visi dan misi serta program Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang saat ini fokus untuk menekan angka stunting di Kabupaten Padang Pariaman.

“Program kerja yang akan kita laksanakan adalah tetap mendukung program pemerintah, yaitu untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman,” ujar Yenizar.

Lebih jauh Yenizar menjelaskan, untuk program penurunan stunting nantinya akan ada program-program edukasi, kampanye gizi seimbang baik pada Anak sekolah, remaja, ibu hamil, balita dan masyarakat langsung melalui program pengabdian masyarakat dan Persagi peduli bencana. Hal ini dilakukan katanya, agar masyarakat termotivasi untuk membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, serta memahami betapa pentingnya asupan gizi.

Selain itu, katanya, program ini juga akan dijalankan untuk anak remaja tingkat SMP, SMA sederajat, dengan membentuk duta gizi agar lebih mempersiapkan sejak dini status gizinya. Bahkan katanya, anak SD dan TK/PAUD juga akan diberikan edukasi, agar tidak jajan sembarangan dan mengerti makanan sehat dan gizi seimbang.

“Dalam menjalankan seluruh program kerja ini kami akan melibatkan semua ahli gizi baik yang ada di rumah sakit, puskesmas, dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait,” tegasnya mengakhiri.

Kepengurusan DPC Persagi Padang Pariaman masa bakti 2022-2026 dilantik oleh Ketua Persagi Sumatera Barat Zul Amri, DCN, M.Kes. Adapun struktur kepengurusannya hasil Musyawarah Cabang (Musyca) 9 September 2022 lalu adalah: ketua Yenizar Dwi Putri, S.Gz, wakil ketua Ferawati S.Gz, sekretaris Elya Afriani, S.Gz, dan bendahara Nurtini, S.Gz, serta koordinator dan anggota 7 bidang lainya.

Di penghujung acara Wabup Rahmang yang didampingi jajaran Dinas Kesehatan, ketua Organisasi Profesi se Kabupaten Padang Pariaman (IDI, IBI, PPNI, Haklo), dan Forkompimca Kecamatan Nan Sabaris lakukan dialog interaktif bersama tim anggota Persagi yang hadir.