Wako Genius Bukti Visionernya, Temui Menteri Kelautan dan Perikanan

oleh -57 views
Wako Pariaman Genius Umar temui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk melaporkan sinergis program.kelautan dan perikanan dengan pariwisata di Kota Pariaman, Senin 13/1 di ruang kerja menteri. (foto: dok/hms-prm)

Jakarta—Walikota Pariaman Genius Umar mampu buktikan sebagai kepala daerah visioner. Senin 13/1 Genius Umar temui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di ruang kerja.menteri itu.

GeniusĀ  melaporkan pembangunan sektor kelautan dan perikanan Kota Pariaman yang saat ini membutuhkan perhatian dari kementerian.

“Kita berharap ada sinkronisasi program Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemko Pariaman, yang saat ini sedang giatnya memadukan pembangunan kelautan dan perikanan dengan program pariwisata,” ujar Genius kepada awak media via pesan WhatsApp-nya.

Menurut Wako Genius didampingi Kadis Pangan, Pertanian dan Perikanan Dasril dan Kadis Kominfo Hendri, ada beberapa program yang disampaikan kepada Menteri Edhy, di antaranya pembangunan pusat jajanan (pujasera) di Pasir Sunur. Rencana dermaga apung/rumah apung di Pulau Ujung.

Kemudian, lanjutnya, pemberdayaan usaha nelayan dan pembudidayaan ikan meliputi fish apartement, modernisasi alat tangkap, pengadaan mesin palet apung untuk kolam bundar dan sarana prasarana pascapanen hasil perikanan, yakni cold storage dan pabrik es untuk mendukung TPI.

“Begitu juga dengan perbaikan dan peningkatan kualitas pemukiman nelayan di sepanjang pesisir Kota Pariaman dalam menunjang kawasan wisata bahari,” sebut Genius, sambil menekankan bahwa ini sebagai salah satu upaya memadukan pembangunan kelautan dan perikanan dengan pariwisata.

Genius mengumpamakan pembangunan dermaga di Pulau Angso Duo, di samping manfaatnya untuk nelayan, juga sangat berguna untuk pariwisata.

“Begitu juga dengan penanaman mangrove yang dilakukan 4 atau 5 tahun lalu, sekarang sudah terasa manfaatnya,” tutur Genius.

Disampaikan Genius, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo didampingi beberapa pejabat KKP, seperti Direktur Kapal Perikanan, Seditjen Penguatan Daya Saing, Kepala Biro Perencanaan, Direktur Pendayagunaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Direktur Produksi Perikanan Budidaya.

“Dan yang penting juga hadir kawan saya sewaktu di Senayan, Yusmansyah, yang sekarang Ahli Perencana KKP. Di samping saya mempresentasikan keterpaduan program kelautan dan perikanan dengan program pariwisata.
Pada kesempatan tersebut, saya mengundang Pak Menteri Edhy untuk datang ke Kota Pariaman,”ujar Genius. (rilis: hms-prm)