Wako Genius Ikuti Vidcon Bersama Menko Perekonomian

oleh -42 views

Kota Pariaman — Walikota Pariaman, Genius Umar Mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto, bersama dengan Forkopimda Kota Pariaman dan Kepala OPD terkait di ruang pertemuan Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin malam (14/6/2021)

Vidcon Bersama dengan Menko Perekonomian ini, juga diikuti oleh beberapa Menteri, seperti Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, Jaksa Agung, Burhanuddin, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB yang juga Kepala Satuan Gugus Tugas Covid-19 , Letjen TNI Ganip Warsito dan beberapa Kementrian lainya, serta para Gubernur, Bupati dan Walikota se indonesia.

Airlangga Hartanto mengatakan Vidcon ini dalam rangka perkembangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di 34 Provinsi yang ada di indonesia, dalam mengatasi perkembangan Covid-19 di indonesia. “Per 14 Juni 2021, Tingkat KasusA ktif 6,0%, Kesembuhan 91,2%, Kematian, 2,8%. Kasus Harian terkonfirmasi mengalami tren peningkatan paska Idul Fitri per 14 Juni2021, bertambah sebanyak 8.189 kasus.” paparnya.

“Total jumlah Kasus Konfirmasi Covid-19 di indonesia telah mencapai angka 1.919.547 orang, dimana pasien sembuh 1.751.234 orang dan Meniggal sebanyak 53.116 orang, dengan orang yang diperiksa mencapai 12.080.845 orang, dan Total spesimen diperiksa sebanyak 17.973.499 spesimen,” tambahnya.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga menuturkan bahwa Peningkatan Kasus Tambahan Baru menyebabkan meningkatnya peningkatan Kasus Aktif, dimana Provinsi dengan Jumlah Kasus Aktif terbesar per 13 Juni 2021 adalah : Jawa Barat (22.271 kasus); JawaTengah (19.122 kasus); dan DKI Jakarta (17.662 kasus).

“Terjadi peningkatan persen Kasus Aktif di 18 Provinsi, dimana kenaikan banyak diakibatkan peningkatan Kasus Tambahan Baru, seperti terjadi di 10 Provinsi, yaitu : DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumut, Aceh, DIY, Banten, Sumbar dan Sulsel,” ucapnya

“Sedangkan 5 Provinsi dengan persen Kasus Aktif terbesar, per 13 Juni 2021 adalah: Papua (42,9%); Aceh (21,2%), NTB (19,8%), KepulauanRiau (16,8%), dan Jambi (16,4%). Kepada Daerah, agar dapat menekan kasus aktif Covid-19 di daerahnya, dengan melibatkan Forkopimda dan stakeholder terkait, agar angka pasien terkonfirmasi, dapat kita tekan,” tutupnya.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa untuk Kota Pariaman, saat ini dalam update Indikator Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat, yang dirilies Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, terkait penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat, Kota Pariaman berada di Zona Kuning.

“Dari 19 Kabupaten/Kota, hanya dua daerah yang berada di Zona Kuning atau resiko rendah, yaitu Kota Pariaman dan Kabupaten Mentawai, sedangkan 16 Kabupaten/Kota lainya berada di zona Orange atau resiko sedang, dan 1 daerah, yaitu Kabupaten Padang Pariaman berstatus Zona Merah atau resiko tinggi,” terangnya.

“Alhamdulillah, Kota Pariaman tetap menjadi yang tertinggi dengan skor 2,65, dalam penanganan penyebaran Covid-19 dan dapat mempertahankan Skor Terbaik Penanganan Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), selama lima minggu berturut-turut,” ungkap Genius.

Covid-19 belum selesai, bahkan cenderung naik, karena itu perlu kesadaran kita bersama dalam mematuhi Protokol Kesehatan. “Tetap Patuhi Protokol Kesehatan dengan 5 M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas,” tutupnya. (mckp)