Wako Genius Umar Tutup Kegiatan Pesantren Tahfidz Ramadhan

oleh -75 views

Kota Pariaman — Walikota Pariaman, Genius Umar menutup kegiatan Pesantren Tahfidz Ramadhan 1442 H / 2021 M yang digelar oleh Bagian Kesra Setdako Pariaman di Musholla Al-Mukhlisin rumah dinas walikota pariaman, Minggu (2/5).

Pelaksanaan pesantren ramadhan ini diadakan mulai tanggal 18 April hingga 2 Mei 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat

“Selama 15 hari anak-anak kita ditempa dan diajarkan tahfidz quran, tahsin dan ilmu tajwid oleh guru yang langsung kita datangkan dari Pesantren Sulaimaniyah Turki cabang Aceh dan Medan ,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar.

Diharapkan anak-anak kita terbina akhlaknya dan dapat meningkatkan hafalan quran nya.

Genius menambahkan, Pemko Pariaman akan merutinkan kegiatan pesantren ramadhan tiap tahunnya, semoga tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya ,” tukasnya.

Disamping itu, wako juga katakan, menurut rencana kita akan mendirikan Yayasan Sulaimaniyah di Kota Pariaman.

“Mudah-mudah dengan adanya Pesantren Sulaimaniyah di Kota Pariaman ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan al-quran bagi anak-anak kita ,” harap dia.

Sementara itu, Sadam Husein selaku guru pesantren ramadhan itu mengucapkan terima kasih kepada Bapak Genius Umar berkat terselenggaranya kegiatan pesantren ramadhan di kediaman beliau di Musholla Al-Mukhlisin rumah dinas walikota pariaman.

Husein yang berasal dari Pesantren Sulaimaniyah Aceh ini juga sampaikan bahwa metode yang kita ajarkan ke anak-anak hampir sama dengan metode pesantren pada umumnya yaitu belajar tahfidz quran, tahsin dan tajwid.

“Alhamdulillah selama dua pekan kegiatan, anak-anak cepat dalam menghafal qurannya dan mereka diajarkan bagaimana hidup disiplin mulai dari bangun pagi untuk sholat subuh sampai sholat isya dan tarawih berjamaah, dilanjutkan setelah itu tadarus al-quran hingga sahur dan buka puasa bersama ,” terangnya.

Ia berpesan agar santri-santri tetaplah istiqomah dengan hafalannya, amalkan kalau bisa tingkatkan ilmu yang didapatkan selama kegiatan pesantren.

Dikatakannya juga bahwa Pesantren Sulaimaniyah adalah suatu lembaga internasional yang bergerak dibidang pendidikan agama islam yang sekarang cabangnya tersebar di hampir 150 negara. Di negara kita indonesia berkembang hampir 70 cabang tersebar di semua provinsi se indonesia.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini niat dan cita-cita mulia Walikota Pariaman, Geniur Umar untuk didirikannya Pesantren Sulaimaniyah di Kota Pariaman bisa terwujud sehingga diharapkan dapat mewadahi lahirnya santri-santri hafidz quran di Kota Pariaman ,” tutupnya mengakhiri. (Erwin/mckp)