Walaupun..Hujan Deras Sejak Sore Hari Masyarakat Tetap Berbondong-bondong Ikuti Tausiah UAS

oleh -1,788 views
oleh
1,788 views
UAS dan Bupati H Khairunas foto bersama usai Tabligh Akbar di arena MTQ Rimbo Tangah, Sabtu 16/12-2023 (kampai)

Padang Aro – MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan sampai hari ke enam pelaksanaan berjalan Aman, nyaman, sukses dan meria.

Semakin membludak dikunjungi umat muslim pada Sabtu 16/12-2023 malam, padahal hujan deras sempat menyirami arena MTQ tersebut.

Hujan tak menurutkan antusias masyarakat, apalagi Sabtu malamsemua kafilah se-Sumatera Barat dan Masyarakat dapat melihat dan mendengar secara langsung Tausiah Ustadz Abdul Somad (UAS) di GOR Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Walaupun, cuaca kurang bersahabat hujan lebat sejak sore harinya mengakibatkan lapangan GOR Rimbo Tangah sedikit becek dan digenangi air hujan, itu pun tidak menjadi penghalang bagi ribuan masyarakat Solok Selatan.

Hujan tak susutkan antusias warga dengan langsung tausyiah UAs, Sabtu 16/12-2023. (kampai)

Mereka berbondong bondong ke GOR Rimbo Tangah untuk mendengar dan melihat langsung tabligh akbar Ustadz Abdul Somad (UAS).

Seluruh masyarakat Kabupaten Solok Selatan melalui Bupati H. Khairunas, Wakil Bupati H. Yulian Efi dan jajaran dengan senang hati menyambut kedatangan UAS yang kedua kalinya ke kabupaten ini.

“Selamat datang kepada Ustadz Abdul Somad, dalam padatnya jadwal masih menyempatkan diri hadir ke Solok Selatan. Semoga pertemuan malam ini senantiasa diberkahi dan diridhoi Allah SWT,”ujar Bupati Solok Selatan H Khairunas.

Bupati Solok Selatan H Khairunas, selamat datang UAS. (kampai)

Bupati menyampaikan manusia selayaknya mempersiapkan dua hal dalam kehidupan, yakni kehidupan di dunia dan di akhirat. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi dan membutuhkan.

Untuk memenuhi kehidupan di dunia, manusia akan bekerja untuk memenuhi kehidupan yang layak dan berkecukupan. Di sisi lainnya, manusia harus mempersiapkan kehidupan di akhirat dengan beramal sebanyak-banyaknya/

“Tabligh Akbar bersama UAS tujuannya untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kita, mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat,” lanjut H Khairunas.

Kata Bupati tuan rumah MTQ dan kembali hadir UAS adalah bukti keseriusan pemerintah untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam bentuk spiritual dan mental yang islami.

Bupati juga mengharapkan agar seluruh masyarakat turut mendoakan jajaran pemerintah tetap kompak dan menjunjung semangat super tim dalam menjalankan amanahnya memimpin kabupaten ini.

Ustadz Abdul Somad sampaikan pesan penting dalam tausiahnya kepada semua hadirin, UAS berpesan dengan Triple T yaituh, Tahsin, Tahfiz dan Tadabur untuk mewujudkan minat baca Al-Qur’an.

UAS sirami rohani ummat di Arena MTQ GOR Rimbo Tangah, Sabtu 16/12-2023. (kampai)

“Pertama Tahsin berasal dari kata hasana – yuhasinu – tahsinan yang berarti memperbaiki bacaannya. Mulai dari tajwid, bacaan huruf dan dasarnya. Kedua Tahfiz. Tahfiz mengenai proses menghafal bacaan. Artinya harus ada peningkatan hafalan di setiap bacaannya. Dan ketiga Tadabur. Tadabur merupakan tingkatan lanjutan mengenai pemahaman membaca isi dan makna dari bacaan Al-Qur’an,”ujar UAS.

Untuk itu ke Tiganya Triple T ini, dapat sebagai pencegahan buta huruf baca Al-Qur’an, di mana saat ini kata UAS minat baca Al-Qur’an di Indonesia masih terbilang rendah

Menyikapi momentum MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumbar ini, penting, melakukan perbaikan dan peningkatan berdasarkan konsep Triple T ini.

Pentingnya membaca Al-Qur’an sebagai jaminan setiap insan ke akhirat. Sebab yang akan sampai ke akhirat itu hanyalah amalan bacaan Quran, bukan materi dan jabatan.

“Yang sudah belajar Tahsin tingkatkan ke Tahfiz. Kalau sudah Tahfiz lanjutkan ke Tadabur-nya. Semoga minat baca Quran anak cucu kemenakan kita akan terus membaik dan meningkat,” pesan UAS

Selanjutnya, UAS berikan Apresiasi dengan program Pemkab Solok Selatan Satu Jorong Satu Rumah Tahfizd, semoga ini cepat teralisas.

Suasana Tabligh Akbar UAS di GOR Rimbo Tangah Solok Selatan, Sabtu 16/12-2023. (kampai)

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Baznas Solok Selatan memberikan bantuan untuk Palestina senilai Rp 156.243.799. Selain itu juga diserahkan bantuan tujuh unit motor untuk KUA di Solok Selatan. (kampai)