Walhi Sumbar Desak Pemko Padang Lakukan Upaya Mitigasi Luapan Sungai

oleh -38 views
WALHI Sumbar desak Pemko Padang segera benahi Sungai Ibuang yang setiap musim hujan dipastikan meluap, Senin 3/10-2022. (wlhsb)

Padang,—Banjir yang melanda Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Tepatnya di Kelurahan Teluk Kabung Tengah  terjadi sepanjang waktu saat musim hujan.

Banjir pada setiap musim hujan d sana karena sedimentasi di Daerah Aliran Sungai, akibatnya badan sungai tak mampu menampung debit air yang laju dari hulu dan curah hujan

Pardi Ketua RW 02 Teluk Kabung Tengah mengatakan sejak 2017 saat hujan melanda wilayah kami ± 1 (satu) Jam sudah dapat dipastikan Sungai Ibuang meluap dan meredam pemukiman warga yang berada di sekitar aliran sungai.

“Bahkan hampir semua pemukiman yang berada di kelurahan Teluk Kabung Tengah dan juga Kelurahan Teluk Kabung Utara teredam banjir,” ujar Pardi, Senin 3/10-2022.

Pardi menambahkan akibat luapan sungai Ibuang telah merendam rumah warga sejak 5 tahun terakhir sampai sekarang sebanyak 73 rumah dan terdapat 974 KK namun jumlah tersebur merupakan warga terdampak hampir setiap banjir namun jika curah hujan berlansung lama rumah warga yang terdampat lebih dari ratusan rumah.

Yoni Candra, Dewan Daerah Walhi Sumbar menuturkan sungai yang memiliki panjang ± 1.600 metet (1.6 KM) hanya memiliki lebar 3 meter dengan ketinggian sungai dengan permukaan 30 centimeter, bahkan di beberapa titik sungai antara badan sungai dengan permukaan sama rata,

Yoni Candra menjelaskan sedimentasi sungai Ibuang umumnya diakibatkan material sisa pecahan batuan serta tanah clay dari aktivitas galian dan pertambangan yang berada diperbukitan yang berada dihulu sungai Ibuang.

“Melihat kondisi tersebut, kita desak pemerintah Kota Padang segera melakukan normalisasi dan atau naturlisasi sungai Ibuang serta penataan dan penertiban yang berada di hulu sungai, jika tidak segera dilakukan banjir yang mengacam warga Teluk Kabung Tengah dan ± 200 Ha wilayah kelola masyarakat (sawah dan lading ) akan terus terjadi bahkan Terminal BBM Teluk Kabung akan ikut terdampak,”ujar Yoni. (wlhsb)