Walikota Pariaman, Genius Umar Hadiri Sertijab 4 Kepala Desa di Kota Pariaman

oleh -55 views
oleh
55 views

Pariaman–Walikota Pariaman, Genius Umar, hadiri 4 (empat) Sertijab (serah terima jabatan) Kepala Desa, hasil Pilkdes serentak 2022 yang lalu, dimana 4 Desa tersebut adalah Desa Marabau, Desa Talago Sariak, Desa Simpang dan Desa Kampung Baru Padusunan, Selasa (15/3).

Untuk Desa Marabau dilaksanakan pagi hari, dimana sertijab ini dari Pj Kepala Desa yang lama, Ferialdi, kepada Kepala Desa yang baru, Ardison Arbi. Kemudian siang harinya Kepala Desa Talago Sariak, dari pj Kepala Desa yang lama, Hendri, kepada Kepala Desa yang baru, Ahmad Fahmi, dilanjutkan sertijab Kepala Desa Simpang, dari Pj Kepala Desa yang lama, Adi Junaidi, kepada Kepala Desa yang baru, Mahyouhardie. Dan terakhir di sore harinya sertijab Kepala Desa Kampung Baru Padusunan, dari Pj Kepala Desa yang lama, Yalviendri, kepada Kepala Desa yang baru, Mulyadi

“Kepala Desa harus menjadi Problem Solving, pemecah masalah bagi masyarakatnya, melaksanakan dan melayani masyarakat dalam hal Pembangunan, Pemerintahan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Genius menambahkan, Pemerintah Desa merupakan bahagian dari Pemerintah Daerah, oleh karena itu, setelah Sertijab, kepala desa harus mulai menyusun RPJMDes, sesuai dengan visi dan misi dan RPJMD Kota Pariaman serta 19 Program Unggulan Kota Pariaman.

“Susun RPJMDes dengan BPD, koordinasikan pembangunan apa saja yang akan dilakukan di desa, dan dijabarkan nanti di RKPDes setiap tahunya, sehingga perencanaan yang sudah dilakukan dan dirembukan bersama, dapat dilaksanakan dan mensejahterakan masyarakat,” tukasnya.

Lebih lanjut Genius menambahkan, bahwa tugas Kepala Desa itu ada 3 (Tiga), Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, dimana seorang Kepala Desa harus dapat melaksanakan ketiga tugas tersebut dengan baik, ulasnya

“Kami percaya, para Kepala Desa yang telah dilantik kemaren dan melaksanakan sertijab hari ini, dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan dapat memimpin masyarakat di desanya masing-masing,” tuturnya.

Kepada Kepala Desa Genius berpesan, untuk dapat menempatkan diri menjadi Kepala Desa yang mengayomi masyarakatnya, karena kita tidak mengenal waktu dalam melayani masyarakat, jadikan waktu kita betul-betul untuk melayani masyarakat.

“Pahami tugas dan tupoksi Kepala Desa dengan baik, rencanakan sesuatu kegiatan dan pembangunan dengan BPD, koordinasikan dengan Camat, sehingga apa yang diinginkan dari program dan kegiatan yang dibuat, sesuai dengan RPJMDes yang nanti disusun,” tutupnya.

Hadir juga dalam acara sertijab ini, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Asisten II, Elfis Candra, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Camat Pariaman Timur, Muhammad Arif Gunawan, Camat Pariaman Selatan, M. Farid Marwan, Kepala OPD yang hadir, Ketua BPD Desa yang sertijab, Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pariaman Timur dan Pariaman Selatan, dan Ketua TP PKK Desa dan jajaran serta masyarakat yang hadir. (J