Walinagari Panampuang Fokus pada Pemberdayaan Masyarakat

oleh -146 views
Nagari Panampuang giat gelar pemberdayaan masyarakat. (foto;.dok/pemnag)

Agam,—Pemerintah Nagari Panampuang terus berupaya mewujudkan Visinya menjadi Nagari Mandiri yang mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya.

Hal ini terbukti upaya yang dilakukan oleh Walinagari Panampuang dengan melibatkan lembaga-lembaga terkait yang mempunyai berbagai macam jenis pelatihan, diantaranya Balai Diklat Industri, Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja, bahkan Perguruan Tinggi.

Seperti halnya bertempat di Nagari Panampuang, Selasa (12/11) Walinagari menutup Pelatihan Operator Custom Tata Busana bagi remaja putri sebanyak 40 orang, kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Nagari Panampuang dengan Balai Diklat Industri Padang yang merupakan lembaga milik Kementerian Perindustrian RI. Kegiatan ini dilaksanakan selama 18 hari, yang dimulai sejak tanggal 23 Oktober dan berakhir tanggal 12 November 2019.

Walinagari Panampuang, Zulhendra, S.HI menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya kita bagaimana mengedukasi dan memberikan pelatihan skill kepada masyarakat dan anak nagari, karna saat ini kita fokus pada pemberdayaan masyarakat sebagai upaya mewujudkan Nagari Mandiri.

Salah satu langkahnya adalah masyarakat harus mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dengan memberikan lapangan pekerjaan.

“Seperti pelatihan yang kita laksanakan saat ini, 40 Orang remaja putri kita latih dan berikan skill untuk menjahit baju, yang nantinya kita berharap mereka akan bisa membuka usaha sendiri khususnya menjahit pakaian atau Taylor. Tentu akan bisa membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran,”ujar Walinagari Panampuang. (rilis: pemnag/pnmp)