Waooo, Kampung Jokowi Diresmikan, Sumbar Gitu Lho…

oleh
Hhmmm, hebat, Kmapung Jokowi di Boncah Batu Balang Limapuluh Kota diresmikan, Jumat 12/4 (foto: dok/rumker#01)

Limpuluh Kota,—Siapa bilang Jokowi tak mengakar di Sumbar, bahkan di Sumbar gitu lho, satu-satunya di Indonesia punya Kampung Jokowi.

Ya, Jumat 12/4 Sumatera Barat resmi mempunyai Kampung Jokowi, terletak di Jorong Bancah, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kampung ini diresmikan langsung oleh keluarga besar Jokowi, Komunitas Srikandi Indonesia, Rumah Kerja 01 Sumbar dan Real Jokowi, Jumat (12/4).
Di Kampung yang mempunyai 2 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini juga berdiri Mushala Jokowi. Penamaan kampung dan mushala tersebut sebagai bentuk kebanggan masyarakat dan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo.

Ketua Presedium Rumah Kerja 01 Sumbar, Muhammad Bayu Vesky, mengatakan berdirinya Kampung Jokowi ini berawal dari gagasan Komunikasi Srikandi Indonesia.

“Srikandi Indonesia melihat di sini kompak, damai, dan masih menjaga tradisi gotong royong, seperti merehab mushala warga semua turun secara swadaya. Inilah yang mendorong lahir Kampung Jokowi. Selain itu kampung ini mempunyai potensi ekonomi yang dapat dikembangkan salah satunya di sini sentra pembuatan batu bata,”ujar Bayu.

Ia menambahkan dengan adanya Kampung Jokowi di Boncah Nagari Batu Balang, masyarakat bisa memanfaatkan potensi yang ada di sini bisa dikembangkan, seperti usaha batu bata dan UMKM yang nantikan akan disinergikan program di Kampung ini dengan program yang ada di Srikandi Indonesia.

Sementara itu Ketua Umum Komunitas Srikandi Indonesia, Yanti Rukmana menyebutkan, kehadiran Srikandi karena adanya relasi dengan masyarakat setempat.

Yanti menjelaskan, selain program pengembangan batu bata dan UMKM di Kampung Jokowi, pihaknya juga melakukann pengecoran jalan di Jorong Boncah, Nagari Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.

“Di Batu Balang sekitar 1 Kilometer sudah dibangun jalan beton, membangun perpustakaan dan jenjang ke lokasi masjid. Tidak hanya itu saja, Komunitas Srikandi Indonesia juga membangun rumah serta menghiasi Jorong Taratak menjadi indah dan berwarna warni,” ucapnya.

Yanti berharap, program tersebut tidak hanya seremonial semata. Masyarakat agar dapat mempertahankan dan mengembangkan kampungnya agar mapan dalam berbagai hal.

Kehadiran program Srikandi Indonesia, dan Rumah Kerja 01 Sumbar, dalam meresmikan Kampung Jokowi dan Mushala Jokowi disambuat haru masyarakat.

Anas, (65) salah satunya, pengurus Mushala Jokowi, sempat menangis saat mendapatkan bantuan uang tunai untuk bantuan lanjutan pembangunan musala dari Komunikasi Srikandi Indonesia di Kampung Jokowi.

Ia mewakili masyarakat, menerima langsung uang Rp 15 juta untuk rehab mushala. Sebelumnya, Srikandi juga membantu dengan memperbaiki drainase, plaster dinding hingga pengecatan.

“Saya dan masyarakat berterima kasih sekali kepada ibu-ibu Srikandi Indonesia dan bapak-bapak yang telah membantu musalah ini. Semoga ibu dan bapak semua selalu dalam keadaaan sehat dan tentunya kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Jokowi,” ujarnya sambil mengusap air matanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh warga tokoh masyarakat Jorong Boncah Batu Balang, DV Tan Marajo. Ia mengatakan, perobahan yang ada di kampung tersebut seperti mimpi.

“Rasanya, kami seperti bermimpi. Sepuluh hari lalu, jalan ke kampung kami, masih rusak parah. Masih ada beralaskan tanah. Kini, Alhamdulillah, kini segalanya berubah. Jalan utama sudah mulus. Jalan ke masjid makin bersih. Nikmat mana lagi yang tidak akan kami syukuri,” kata didampingi, tokoh masyarakat lainnya seperti Suhai Dt Tamaghajo, Datuak Pangulu Bosa, Datuak Majo Kayo, dan Haji Syahrun atau Mak Surun.

Mak Surun menyampaikan, perubahan wajah Boncah Batu Balang yang begitu drastis, terjadi setelah seluruh warga di jorong nan sejuk itu bergotong-royong selama tujuh hari tujuh malam. Hasil gotong royong warga tersebut, diresmikan keluarga Presiden Jokowi.

“Sebagai rasa syukur atas nikmat ini, kami akan menyembelih sapi. Kami juga senang, keluarga besar Presiden Jokowi dari Solo, bermurah hati menjadikan Taratak sebagai Kampung Presiden Jokowi. Harapan kami, jika berkunjung ke Sumbar, Pak Jokowi singgahlah ke kampungnya ini. Bawa Amai (etek/Ibu Negara Iriana Jokowi -red), kita itu ” katanya.

Dari pantauan, saat memasuki Kampung Jokowi, pengunjung disambut oleh gapura yang terbuat dari bambu berukuran besar bertulisan “Kampung Jokowi,” di sisi kiri gapura ada upacapan selamat datang lengkap dengan gambar karikatur Calon Presiden nomor 01 ini.

“Lalu kita disambut oleh hiasan yang digantung oleh bambu. Selain itu, di sepanjang jalan Kampung Jokowi kurang lebih 2,5 KM ini dipercantik dengan potongan bambu yang dicat berwarna merah putih yang dipasang dengan jarak sekitar 10 meter,”ujar Bayu .(rilis: rumker#01)