Waooo, Ketua MPR Pukau Ribuan Mahasiswa

oleh

*Zulkifli Hasan : Anak Muda Zaman Now Jangan Persoalkan Lagi Perbedaan*

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan disambut prosesi Minangkabau menyambut orang terhormat di UNP Padang, Selasa 12/12. (foto: humasunp)

Padang — Ketua MPR-RI, Dr. (HC) Zulkifli Hasan melakukan Kuliah Umum di Kampus UNP, Jln Prof Dr Hamka sekaitan kunjungan kerja (Kunker)¬† ke Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 12/12.

Kedatangan rombongan Zulkifli Hasan di Kampus UNP Air Tawar, Padang disambut tarian Gelombang dan Pasambahan, tari tradisional Minangkabau yang biasa digelar untuk menyambut tamu terhormat.

Tarian tersebut juga merupakan bentuk sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu tersebut.

Berdasarkan pantauan Zulkifli Hasan dan rombongannya terlihat menikmati sambutan tersebut.

Mulai dari Tari Galombang yang dibawakan para penari laki-laki, hingga Tari Pasambahan yang ditampilkan penari perempuan. Ada pun Tari Galombang merupakan gerakan tangkas seperti silat.

Sedangkan Tari Pasambahan cenderungm emperlihatkan gerakan anggun yang diiringi musik khas Minangkabau.

Setelah menyaksikan persembahan kedua tarian tersebut, rombongan Zulkifli Hasan langsung bergegas menuju Auditorium yang telah penuh sesak dengan ribuan mahasiswa.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menggelorakan nasionalisme pada kuliah umum di UNP Padang, Selasa 12/12 (foto: humasunp)

Pada kesempatan itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan pandanganya terkait nasionalisme yang terjadi pada era sekarang. Di antaramya adalah rasa cinta dan bangga pada budaya daerahnya.

“Nasionalisme zaman now itu bermakna manusia Indonesia yang cinta budaya lokal daerahnya. Bangga terhadap identitas nasionalnya dan memiliki daya saing di level global,” kata Zulkifli Hasan.

Di hadapan 3000-an peserta kuliah umum Zulkifli Hasan bertajuk Pemuda dan Nasionalisme Masa kini, Ketua MPR juga mengingatkan agar generasi muda tak lagi mengungkit soal perbedaan suku, agama, ras, serta latar belakang lainnya.

“Mempersoalkan perbedaan itu justru kita¬† mundur ke belakang. Padahal perbedaan itu sudah selesai 72 Tahun dengan rumusan Pancasila dari Founding Fathers kita,” ujarnya di Auditorium UNP.

Sebagai bagian dari semangat Nasionalisme abad 21, menurut Ketua MPR meminta anak-anak muda optimis dan tidak kehilangan harapan.

“Indonesia masa depan itu Optimisme anak anak muda hari ini. Cintai negerimu dengan terus menjadi bagian dari perbaikan. Jangan pernah putus asa,” ujarnya.

Kuliah Umum diselenggarakan oleh UNP yang meningkatkan kreativitas dan mendorong mahasiswa agar lebih aktif dan meningkatkan cara berpikir mahasiswa untuk lebih maju agar selalu optimis.

Usai sebagai nara sumber dalam kuliah umum tersebut, Zulkifli Hasan didapuk sebagai anggota civitas akademika kehormatan UNP, dengan penyematan PIN UNP dan sebelumnya Rektor UNP, Prof Ganefri menyerahkan cenderamata sebaliknya Ketua MPR-RI,

Zulkifli Hasan juga serahkan cenderamata kelembagaan MPR-RI. Interaksi Ketua MPR-RI dengan civitas akademika UNP terlihat semakain akrab pada sesi foto, usai foto bareng dengan pimpinan UNP, mahasiswa antusias berselfie dengan tokoh nasional yang disegani ini. (rilis: humas unp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *