Waspada.. Gunung Kerinci Erupsi

oleh -753 views
oleh
753 views
Ini penpakakn erupsi Gunung Kerinci terbaru, Kamis 20/10-2022. (kampai)

Padang Aro,— Waspalah.. Gunung Kerinci erupsi!!!, hal itu diketahui berdasarkan pantauan visual dari Pos R10 kersik Tuo Kabupaten Kerinci telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Kerinci yang mencapai tinggi 3805 meter yang tertinggi di Pulau Sumatera, Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat dengan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Hal ini di dukung data dari Pos pengamatan Gunung Kerinci, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PUMBG). Meningkatnya aktivitas vulkanik ini menyebabkan terjadinya Erupsi Gunung Kerinci dengan ketinggian asap mencapai lebih kurang 500 meter pada Selasa 18 Oktober 2022 dan kemudian Rabu tanggal 19 oktober 2022 terjadi lagi peningkatan aktivitas vulkanik yang semakin meningkat dengan capaian erupsi lebih kurang 700 meter.

Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistim melalui Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dengan resmi menyatakan stop aktifitas wisata dan pendakian ke atap Sumatera tersebut.

“Tutup kembali tujuan wisata/ jalur pendakian, baik melalului pintu masuk Pos R10 Kersik Tuo Kabupaten Kerinci maupun dari melalui Camping Ground Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan dan penutupan ini sampai waktu yang belum ditentukan,” ujar  Haidir,S,Hut,M,Si. sebagai Kepala Besar HNKS, Kamis 20/10-2022.

Sementara itu, sampai berita ini ditayangkan kumpulan asap di puncak Gunung Kerinci tersebut masih terlihat jelas dari Jembatan Kuning, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kab Solok Selatan (kampai)