Wow Sensasi Bangeeet Arung Jeram di ANTIg Dharmasraya

oleh -733 views
Woww menantang, memekatkan adrenalin penggiat olahraga extree Apo ke ANTIg Dharmasraya. (foto: facebook/masheri)

Dharmasraya,—Haii kamu, hobi tualang, ngaku penakluk alam atau penggiat olahraga extreem, tak usah jauh ke luar Sumbar deh, di Sumbar tepatnya NAGARI ALAHAN NAN TIGO (ANTIg) punya spot arung jeram yang pasti menentang kaula rafter Indonesia bahkan manca negara.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengcab Fedari Arung Jeram Indonesia (FAJI) sekaligus Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik  Masheri Yanda Boy, Jumat 10/1 kepada media ini.

Untuk penggiat olahraha extreem, wahanya cuman ada.di satu nagari dari 52 nagari di Kabupaten Dharmasraya.

“Nagari ANTIg di Kecamatan  Asam Jujuhan (Asju) sedang giat mengembangkan potensi spot arung jeram dan menjadi nagari mandiri melalui wisata arung jeram,”ujar Masheri.

Selama ini kata Masheri Boy publik rafter tanah air hanya mendengar sekilas tenyang potensi arung jeram di Kecamata Asju, plus bumbunya mengatakan akses sulit dan jauh.

“Tapi itu dulux tepat 16 tahun usia Kabupaten Dharmasraya, datang ke ANTIg Asju kesan itu pasti sirna,”ujar anggota Galapagos SMA 1 Padang itu.

Dharmasraya sekarang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan telah bergerak cepat. Malah Bupati beserta rombongan langsung meninjau lokasi arung jeram di Nagari ANTig. Dan juga dalam waktu dekat akan berkunjung kembali.

“Dalam waktu dekat, Pak Bupati akan menjajal trackt Arung Jeram dk ANTIg, dijadwalkan akan ikut Forkompida,”ujar Boy.

Untuk wisata, arung jeram memang  satu dari sekian cabang olahraga petualangan yg berbahaya dan ekstrim.

“Spot di ANTIq bisa menguji adrenalin, tetapi jika dikemas dengan baik dan mengikuti SOP yg benar, bisa menjadi olahraga wisata petualangan yg mengasyikan,”ujarnya.

Bahkan informasi dari.oengelola.nagari wisata mandiri, setelah lounching paket wisata arung jeram di ANTig, telah banyak yg berminat untuk ikut menikmati sensasi jeram-jeram di Sungai Asam yg dikelola Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag).

“Dari sisi ekonomi, jika kita hitung secara sederhana saja, 1 orang dipungut biaya Rp 150.ribu, untuk paket short time pengarungan, dengan fasilitas transportasi lokal, makan dan snack serta minuman hangat atau kelapa muda. 1 perahu berisikan 6 orang, akan terkumpul total Rp 900rb satu trip/perahu,”ujarnya.

Jika perhari Minggu saja perahu bisa mengarung 2 kali, akan terkumpul Rl 1,8jt dan selama 1 bulan bisa menghasilkan Rp 7,2 jt.

“Itu kali-kali dari pendapatan 1 perahu saja. Belum lagi jika pengunjung juga akan berbelanja lain-lainnya di nagari ini, spot arung jeram ini bisa tumbuhkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dan apabila sesuai dengan ekspektasi hitung-hitungan BUMNag satu tahun tidak akan kurang dari Rp 1.Miliar lebih  uang dihasilkan dari wisata arung jeram ini.

Spirit dan sevisinya pengelola dengan masyarakat nagari terganlmbar di Pemerintahan Nagari.ANTIg, tinggal stakeholder terkait ikut baiyo batido mengembangkan dan mempopulerkanya.

“Basah2…berteriak kencang2 saat melewati jeram2 yg ekstrim…merupakan sensasi yg akan anda rasakan dan akan nikmati dengan perasaan yang sesuatu…,”ujar Masheri Yanda Boy. (iko)