Zarfi Deson Inisiasi Peningkatan Kapasitas  Pengelola BUMNag Se-Pessel

oleh -236 views
Anggota DPRD Sumbar Zarfii Deson inisiasi peningkatan kapasitas oengelola BUMNag sd Pessel di Padang, Kamis 8/7-2021. (foto: dok)

Padang — Wakil Rakyat Rang Pasisia di DPRD Sumbar, Zarfi Deson SH menginisiasi program khusus dalam peningkatan kapasitas pengelola Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Program khusus melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar itu diikuti 200-an peserta. Program yang merupakan dana aspirasi Anggota DPRD Sumbar itu berlangsung selama tiga hari, 7-9 Juli 2021 di Grand Zuri Hotel, Padang.

Zarfi Deson, anggota Komisi 1 DPRD Sumbar ini mengungkapkan, program yang diwujudkan dalam kegiatan “Sosialiasi PP 11 Tahun 2021 dan Permendes 13 Tahun 2020 Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui BUMDes/BUMNag” merupakan kegiatan pembekalan bagi Walinagari, Ketua Bamus dan manajer BUMNAg se-Kabupaten Pessel.

Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk menyukseskan BUMNag di nagari-nagari Kabupaten Pesisir Selatan.

“Terutama di bidang pembangunan manusia dan pemberdayaan masyarakat guna guna peningkatan perekonomian kerakyatan,” ungkap Zarfi Deson dari fraksi Golkar ini, usai sebagai nara sumber di Padang, Kamis 8/7-2021.

Ia mengatakan, dengan lahirnya PP Nomor 11 Tahun 2021 dan Permendes 13 Tahun 2020, ini merupakan kekuatan baru bagi BUMNag dalam mengembangan usahanya di nagari, agar bisa maju dan mandiri. Seperti diketahui, BUMNag/BUMDes adalah bentuk lain dari Lumbung Piti Nagari yang telah berbadan hukum yang didirikan secara partisipatif dan musyawarah yang luas.

“Kenapa BUMNag Pakandangan Emas di Kabupaten Padang Pariaman begitu sukses dalam pengelolaannya. Soalnya selain unit Simpan Pinjam, BUMNag yang dipimpin Syaiful Rahman itu juga menggarap lahan tidur di Kanagarian Pakandangan,” sambung Zarfi Deson.

Ia menambahkan Sosialiasi PP 11 Tahun 2021 dan Permendes 13 Tahun 2020 Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui BUMNag, meningkatkan kapasitas SDM peserta. Selain itu meningkatkan pergerakan Pemerintah Nagari berkembang ke arah yang mandiri.

Peserta direkrut berasal dari 15 kecamatan. Materi pembekalan diantaranya Kiat Sukses BUMNag Koto Ranah Kabupaten Dharmasraya oleh Direktur BUMNAg, Agus Wirawan, Pengembangan Ekonomi Nagari di Tengah Pandemi Covid 19 melalui Revitalisasi BUMNag (Dr Ir Eri Gas Ekaputra) dan Strategi mencari peluang dan potensi dalam pengembangan usaha oleh Muhammad Zuhrizul SE.

Selain pemateri dari praktisi juga menampilkan pemateri dari kalangan birokrat, seperti Dr Sudarman MA, tim ahli pennyusun RPJMD Sumbar dengan materi Pembangunan Karakter dan Peningkatan Kewirausahaan Sosial dalam mengelolan dan mengelola BUMNag, Kabid UEM dan PKP Dinas PMD, Desrianto Boy, SPd, MSi.

Turut hadir membuka acara ini adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal, MM. (age)