Zul Evi Astar Dekatkan Telinga ke Bibir Rakyat

oleh -290 views
Calon DPD RI untuk Pemilu 2019, Zul Evi Astar Dt Asa Batua tak sia-sia telusuri 120 KM dari Padang demi mendekatkan telinga ke bibir masyarakat, Sabtu 28/7 (foto: tzea-media)

Padang,—Calon DPD RI untuk Pemilu 2019, Zul Evi Astar Dt Asa Batuah tak pedulikan jarak 120 KM,  dari kota Padang.

Dia sejak pagi menyusuri nagari-nagari, berujung di Kecamatan Tigo Lareh, pemekaran Kecamatan Payuang Sekaki Kabupaten Solok, Satu.yang ditujunya yakni mendekatkan telinga ke bibir masyarakat.

“Banyak pelajaran yang didapat ketika bertemu berinteraksi dengan tokoh tokoh masyarakat di kanagarian Simanau, Sumiso, Rangkiyang Luluih, Batu Bajanjang dan Nagari Garabak Data,”ujarnya, Sabtu 28/7 kepada media ini.

Menurutnya, tokoh di nagari asyik diajak berdialog, mereka tidak perlu sungkan, bicara dengan bahasa sederhana, seperti memberi kiasan, tokoh masyarakat Simanau bercerita bahwa,”bahu kami taba dan tapak tangan kasek “.
Itu lah isyarat aktifitas untuk menopang mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Tigo Lareh secara keseluruhan.

Yang amat sangat menarik dari penuturan tokoh masyarakat lainnya, kata Zul Evi Astar, walau nagari-nagari di Tigo Lareh sering terlupakan, Kecamatan Tigo Lareh ini dijadikan kawah candra dimuka bagi kader kader muda di pemerintahan Kecamatan.

“Karena selepas bertugas di daerah ini, banyak yang terpilih pada jabatan yang lebih hebat lagi,”ujar Zul .

Lain lagi penuturan tokoh-tokoh masyarakat kenagarian Dilam di Kecamatan Bukit Sundi, pengalaman lapangan melayani tamu-tamu yang datang, telah memperkaya kearifan masyarakat sekitar memahami sikap dan pemikiran tamu itu.

“Pelajaran kehidupan dan berpemerintahan, ada kalanya kita belajar dari tokoh tokoh nagari, khusus kesabaran dan kearifannya. SALAM DAERAH KUAT – NEGARA HEBAT,”ujar Zul Evi Astar.(tzea-media-officer)