Puluhan Jurnalis Ikuti Pelatihan SEO Dan Medsos Semen Padang

oleh -134 views
oleh
134 views

Padang— PT. Semen Padang menggelar pelatihan bersama puluhan jurnalis Sumatera Barat (Sumbar).

Pelatihan yang bertemakan Semen Padang Sharing On Jurnalism atau SParring tersebut digelar di Wisma Indarung Semen Padang, Rabu (27/7/2022).

Sementara, untuk pemateri PT Semen Padang menghadirkan Tim IT Katasumbar Rizky Hidayat dan Tim Digital Haluan Media Muhammad Irfan.

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, pelatihan pelatihan ini bentuk komitmen PT Semen Padang dalam meningkatkan kapasitas profesi rekan jurnalis.

Menurutnya, media baru era internet, yakni website berita atau media online, memiliki audiens tambahan, yaitu mesin pencari, terutama Google, Bing, Yahoo.

“Jadi, media online memiliki dua audiens: manusia dan mesin. Karenanya, jurnalis media online dituntut memahami dan menerapkan pengoptimalan mesin pencari yang disebut SEO (Seach Engine Optimization),” katanya.

Ia mengharapkan, dengan pelatihan ini, rekan jurnalis dapat memahami dengan mengikuti pelatihan SEO dan Media Social ini.

“Mari ikuti dengan baik, kepada para pemateri jangan pelit dalam berbagi ilmu, karena ilmu semakin diberi akan semakin bertambah,” ujarnya.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nut Anita Rahmawati mengatakan, secara praktis, SEO adalah pengoptimalan berita atau artikel agar mudah dirambah, diindeks, dan mendapat peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP).

Penerapan SEO diperlukan agar berita yang dibuat mampu bersaing dengan berita lain di mesin pencari. Pasalnya, sumber utama trafik atau pembaca (pengunjung) website adalah situs mesin pencari, khususnya Google.

“Kita ingin para jurnalis terus meningkat kemampuan sesuai dengan perkembangan zaman,” kata dia.

Sebelumnya, acara dimulai dengan pemaparan profil PT Semen Padang.

Salah seorang peserta dari Tribunsumbar, Mona Sisca mengatakan, acara pelatihan ini merupakan sharing yang sangat bagus.

“Bagus dalam meningkatkan kemampuan dalam mengelola website media online untuk meningkatkan trafik,” kata dia.