564.297 Lembar Surat Suara Pemilu Sudah Sampai di Kota Budaya

oleh
Angota KPU Tanah Datar Fitri Yenti didampingi Bawaslu dan Kepolisian Tanah Datar terima surat suara Pemilu 2019, Minggu 10/2. (foto: romelt)

Batusangkar,—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar sudah menerima 564.297 lembar surat suara Pemilu 2019.

Surat suara yang sampai ke KPU Tanah Datar yaitu dua jenis surat suara yakni surat suara DPR-RI Dapil Sumatera Barat 1 dan surat suara DPRD Kabupaten Tanah Datar yakni Dapil 1,2,3 dan 4.

Surat suara itu diterima langsung anggota KPU Tanah Datar Fitri Yenti, Plt. Sekretaris, disaksikan Bawaslu dan Kepolisian, surat suara tersebut langsung dimasukan ke gudang KPU Tanah Datar, di Aula Kantor BPCB Purbakala Tanah Datar, Minggu 10/2.

“Surat suara untuk DPR-RI Sumatera Barat 1 berjumlah 282.148 lembar sebanyak 565 pack. Untuk surat suara DPRD Kabupaten Tanah Datar dapil 1 sebanyak 73.659 lembar, Dapil 2 berjumlah 67.165 lembar, Dapil 3 sebanyak 73.744 lembar dan Dapil 4 berjumlah 67.581 lembar” ujar Fitri Yenti anngota KPU dua periode ini.

Sementara itu Fitri Yenti menambahkan ada tiga jenis surat suara yang belum sampai di Tanah Datar yakni surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara DPD-RI dan surat suara DPRD Provinsi.

“Informasi didapat dari percetakan masih dalam proses cetak dan packing, berkemungkinan minggu depan telah sampai ke KPU tanah datar,”ujarnya.

Dan untuk surat suara yang diterima hari ini menurut Fitri dalam kondisi baik. “Alhamdulillah dalam kondisi baik dan tersegel. Untuk proses perakitan kotak masih ada beberapa lagi yang belum terakit semua, berkemungkinan dalam dua hari kedepan selesai,”ujar Fitri Yenti.

Menurutnya secara keseluruhan logistik yang datang hari ini belum dipastikan apakah jumlah per pack sesuai atau tidak, dan belum diketahui apakah ada yang rusak.

“Kita akan lakukan saat sortir dan pelipatan, untuk sekarang SOPnya KPU hanya menghitung jumlah pack dan langsung dimasukan ke gudang,”ujar Fitri Yenti (romelt)