Adib Alfikri Jumpa JPS dan FJKIP, “Silahkan Kritik Kami”

oleh -200 views
JPS dan FJKIP dialog keterbukaan informasi publik dengan Kadis Pendidikan dan Komisi Informasi Sumbar, Kamis 4/2 (foto: dok/novan)

Padang,—Di tengah kesibukan dinas selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Sdib Alfikri menyisihkan ruang waktu bertemu wartawan sambil mencicipi ‘Sup Janda’ di sebuah hotel di Padang.

Dua kelompok wartawan bertemu dan bertukar pikiran dengam Adib Alfikri didampingi Kabid Dikbud Sumbar Suindra, Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) dari Jaringan Pemred Sumbar (JPS), Kamis 4/2.

“Pendidikan adalah isu seksi yang memang dicari news-nya oleh jurnalis,” ujar Adib memulai dialog santai siang itu.

Kata Adib, dinas dipimpinnya sangat memahami kerja wartawan, bagi Dinas Pendidikan, jurnalis adalah mitra strategis.

“Silahkan kita bersama dalam keprofesionalistasan dan silahkan kritik kami dengan cara profesional seorang jurnalis,”ujar Adib Alfikri.

Ketua FJKIP Sumbar Yonovski mengapresiasi pertemuan santai tapi membahan yang urgen termasuk rencana memasifkan keterbukaan informasi publik.

“FJKIP koornya adalah bagaimana menyatakan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di seluruh badan publik, bertemu Kepala Dinas Pendidikan Pak Adib Alfikri semakin menguatkan kerja ini,” ujar Yonovski.

Sementara, Ketua Workshop FJKIP Sumbar Saribulih berharap kegiatah ini menjadi triger mewujudkan SMA/SMK keterbukaan informasi publik di Sumbar.

“Ini bentuk kolaborasi yang mencerdaskan dalam rangka memasifkan dan aplikasi keterbukaan informasi publik,” ujar Saribulih.

Adib menyatakan pola program seperti ini cukup baik. “Jika.ini bagian dari pembentukan kerja baik bagi jajaran saya, tentu menjadi kewajjban saya mensupornya,” ujar Adib yang dipertemuan ini didampingi Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari dan Wakil Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi (rilis)