Aksi Mitigasi Kendalikan Iklim, Sutan Riska Diakui Pemerintah Pusat

oleh -74 views
Hebat, Sutan Riska peroleh Anugerah Mitigasi Pengendalian Iklim dari Mentri LHK, Rabu lalu. (foto: dok)

Dharmasraya,—Kerja nyata Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan diakui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sutan riska dianugerahi penghargaan atas dedikasi dan aksinya untuk mitigasi pengendalian iklim, Bupati Termuda ini menerima penghargaaan langsung dari MenteriĀ  Lingkungan Hidup dan Kebutanan Siti Nurbaya, Rabu lalu di Gedung Manggala Wana Bhakti, Senayan Jakarta.

Penghargaan diberikan atas jasanya sebagai penanggungjawab aksi mitigasi pengendalian iklim dan telah terigestrasi dalam sisten registrasi nasional (SRN).

Perubahan iklim akhir-akhir ini memang cukup merepotkan masyarakat. Mulai dari pergeseran, musim kemarau dan musim hujan, peningkatan suhu udara, munculnya gelombang pasang yang kian besar dan bahkan kerap munculnya angin topan dan lain lain.

Perubahan iklim juga telah membawa dampak bagi perekonomian, kesehatan dan sosial kemasyarakatan yang tidak kecil. Oleh karena itu, iklim perlu dikendalikan dengan melakukan mitigasi perubahan iklim sebagaimana yang telah dilakukan okeh Pemkab Dharmasraya.

Di Dharmasraya, Pemkab dibawah kepemimpinan Sutan Riska telah melaksanakan sejumlah aksi dalam rangka menurunkan emisi, terutama emisi karbondioksida.

Mitigasi itu dilakukan dengan melaksanakan pemanfaatan pekarangan dengan beraneka tanaman buah, sayuran dan tahaman tanaman semusim lainnya. Tanaman ini akan menurunkan emisi gas karbon dan bisa memperbaiki kualitas udara, serta menekan perubahan iklim sebagaimana yang sudah terjadi.

Sejumlah upaya juga dilakukan Dinas Pertanian, seperti pengembangan buah buahan, peremajaan dan perluasan perkebunan karet dan bahkan penanaman bambu di areal bekas tambang liar juga dinilai menjadi aksi mitigasi yang sudah dikakukan oleh Pemkab Dharmasraya.

“Karya-karya kita dalam melaksanakan mitigasi ini membuahkan penghargaan. Ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat atas upaya mitigasi iklim yang sudah kita lakukan selama ini,”ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drg. Erina, MKM. Erina mendampingi Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan waktu menerima penghargaan atas nama seluruh rakyat Kabupaten Dharmasraya.(rilis:.hms-dms)