Ekonomi UNP Gelar Pertemuan Ilmiah PICEEBA

oleh -11 views

Padang— Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP) pada tanggal 21 Mei 2022 kembali sukses menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk 9th Padang International Conference on Economics, Education, Business and Accounting (8th PICEEBA). Pertemuan ilmiah ini rutin dilaksanakan oleh FE UNP sebanyak dua kali dalam setahun semenjak tahun 2018. Pada seminar internasional ini, PICEEBA mengangkat tema “Leap to the imminent future: Seizing Opportunities in Education, Economics, and Business”.

Sebagaimana empat edisi PICEEBA sebelumnya, PICEEBA ke-sembilan juga diselenggarakan secara virtual melalui media Zoom dan Youtube Live Streaming. Tercatat sebanyak lebih dari 1.000 peneliti dan mahasiswa dari berbagai universitas yang berasal dari berbagai negara hadir mengikuti pemaparan dan diskusi ilmiah.

9th PICEEBA dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor UNP menyampaikan bahwa tema yang diangkat PICEEBA sangat tepat untuk kondisi ekonomi dan bisnis saat ini. Perubahan yang disebabkan kemajuan teknologi, serta di dorong oleh pandemi, membutuhkan inovasi dan perubahan dari para pelaku ekonomi dan bisnis. Inovasi membutuhkan individu yang memiliki pengetahuan yang luas, dan untuk itu diperlukan pemikiran-pemikiran dan sudut pandang baru dari para akademisi. Oleh karena itu, pertemuan ilmiah ini merupakan kesempatan untuk saling bertukar pikiran bagi para akademisi, terutama dalam menyampaikan hasil penelitiannya, serta membangun jaringan akademis.

9th PICEEBA 2021 ini menghadirkan empat orang keynote speakers dari berbagai Universitas terkemuka dunia yaitu Assoc. Prof. Dr. Zulfan Tadjoeddin (Western Sidney University, Australia), Assoc. Prof. Dr. Ali Meftah Gerged (De Montfort University, United Kingdom), Asst . Prof. Dr. Marwan (Universitas Negeri Padang, Indonesia), Dr. Noratisah Mohd Nafi (Universiti Utara Malaysia, Malaysia).

Selain pemaparan dari para keynote speakers, sesi kedua yang dilaksanakan siang hari juga terdapat presentasi dan diskusi sebanyak 65 artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian dari para akademisi berbagai negara. Sebagaimana PICEEBA sebelumnya, seluruh artikel yang telah melalui proses review akan di publikasikan pada prosiding internasional pada penerbit Atlantis Press yang terindeks pada Thomson Reuters Clarivate Analytics Web of Science, SINTA, dan Google Scholar.(**)