FGD Series JPS, Ayo Bangun Gerakan Perempuan jadi Pemimpin di Sumbar

oleh -176 views
JPS bersama tiga tokoh perempuan Sumbar usai FGD Jumat 21/2 di Jakarta. (foto: dok/jps)

Jakarta,—Tiga tokoh perempuan Minang di pentas nasional beda latar belakang duduk semeja di forum FGD Series Jaringan Pemred  Sumbar (JPS) Kamis 21/2 di  Hotel Balairung Matraman Jakarta.

Ketiganya, Nevi Zuairina (DPR RI-PKS), Sastri Yunizarty Bakri (Widyaswara Kemendagri) dan Deputi Kajian Strategis Lemhanas RI Prof Reni Mayerni, mereka berkomitmen membangun gerakan untuk menyiapkan dan mendukung kader potensialnya berkiprah di sektor publik, baik itu di eksekutif maupun legislatif di provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Kita harus investarisir dan munculkan perempuan-perempuan Sumbar. Ini perlu digerakkan dengan melakukan pertemuan-pertemuan, kaderisasi dan branding dalam berbagai kegiatan sosial,” ungkap anggota DPR RI Nevi Zuairina.

Untuk tahap awal, dalam bentuknya bisa dalam wadah kaukus dulu. “Jika ada yang potensial jadi pemimpin, bisa dimulai dari wakil dulu. Kepala daerah masih berat. Namun, kaum laki-laki harus beri ruang,” tegas istri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Deputi Kebijakan Strategis Lemhanas Reni Mayerni mengatakan waktu dekat, dirinya mendorong adanya pertemuan tokoh perempuan Sumbar yang kini banyak berkiprah di tingkat nasional maupun Sumbar.

“Nah, di sana nanti kita bicarakan bagaimana menginventarisir, kaderisasi dan memberikan supporting jika ada yang ingin berkiprah di legislatif dan eksekutif di Sumbar,” ujarnya usai FGD.

Sedangkan Widyaiswara Kemendagri Sastri Yunizarti Bakri menyebutkan, gerakan perempuan Sumbar ini perlu dilakukan sebagai proses awal untuk kaderisasi pemimpin di Sumbar.

“Untuk itu, perempuan harus kompak dulu. Tingkatkan kompetensi, kapasitas dan wawasan serta memahami akar budayanya. Ketika memimpin harus bisa membuat skala prioritas,” ingatnya.(*rls: jps)