Kadiskes Dampingi Bupati Suhati Bur Hadiri Workshop Kader Pelayanan Bagi Usia Produktif Dan Lansia di UNP Padang

oleh -48 views
oleh
48 views

Padang–Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman melalui bidang Kesmas (Kesehatan Masyarakat) menggelar Pertemuan Workshop Kader Pelayanan Bagi Usia Produktif dan Lansia yang dilaksanakan untuk tiga angkatan sejak tanggal 19 September dan hari ini 29 September bertempat di aula UNP Hotel & Convention Padang dari rencana nya tiga kali angkatan dan menyesuaikan jadwal Bupati.

Ny.Yusrita Suhatri Bur yang juga sebagai narasumber menjelaskan posyandu lansia adalah tempat atau program yang di selenggarakan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan pelayanan dan perawatan kesehatan terpadu kepada lansia. Posyandu lansia bertujuan menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan lansia agar bisa menjalani kehidupan yang sehat, aktif dan produktif.

Yusrita mengatakan bahwa para lanjut usia adalah aset berharga bagi mayarakat kita. Mereka adalah pilar pilar yang kuat dalam keluarga, komunitas, dan kota ini. Melalui pengalaman hidup yang panjang, mereka telah menghadapi berbagai tantangan dan mengatasi berbagai rintangan.

Kegiatan Workshop ini merupakan peningkatan kapasitas bagi kader posyandu dan petugas puskesmas yang bertujuan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan lanjut usia. Untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui program program yang fokus pada kesejahteraan, keselamatan, dan keterlibatan sosial para lanjut usia, Lanjut Yusrita.

“Semoga kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi kader posyandu itu sendiri dan dapat meningkatkan derajat kesehatan khususnya kesehatan di Kabupaten Padang Pariaman ini dan Semoga posyandu tetap ada di hati masyarakat dan terus berperan dalam mewujudkan masyarakat Padang Pariaman sehat dan berjaya” ujar Ny. Suhatri Bur

 

Sementara itu Kadiskes Padang Pariaman dr. Aspinuddin menerangkan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan guna interegrasi pelayanan primer, kalau dulu pelayanan posyandu hanya fokus pada Bumil dan Busui sekarang semuabya kita lakukan intergrasi, dimana saat ini mulai dari bayi sampai lanjut usia masyarakat Padang Pariaman ini kita awasi dan kita jaga kesehatannya, jadi tidak fokus satu kelompok saja, tapi semua siklus kehidupan, serta penguatan kembali peran dan tugas serta fungsi dari tim kader se Kabupaten padang pariaman, selain itu ajang pertemuan koordinasi ini bertujuan sebagai forum penyamaan persepsi seluruh tim kader Pelayanan dalam menunjang kemajuan pelayanan kesehatan dalam pengembangan posyandu mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat kabupaten” jelas Kadiskes.

Kabid Kesmas Dinkes Padang Pariaman Eva Trisna Murni
menjelaskan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas Kader diwilayah Kerja masing-masing Puskesmas guna meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut, mengingat Lansia merupakan salah satu kelompok atau populasi berisiko (population at risk) yang semakin meningkat jumlahnya, sehingga perlu diperhatikan terkait kebutuhan para lansia agar tetap sehat, mandiri, aktif, dan produktif melalui kegiatan Posyandu Lansia yang kegiatan posyandunya meliputi Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan, Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat maupun Kolesterol serta pemberian Konseling pada Para Lansia. Kegiatan tersebut Bertujuan agar tercapainya warga yang sehat khususnya Lansia dengan tujuan mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pelayanan kesehatan disamping meningkatkan Komunikasi antara Masyarakat Usia Lanjut.

Pertemuan workshop yang dikoordinir langsung oleh Kabid Kesmas yang didampingi para narasumber dari Dinkes Provinsi dan Internal dalam memberikan pemaparan sosialisasi. Para peserta yang terdiri dari Kader Posyandu , Masyarakat kader pelayanan serta perwakilan dari delapan Puskesmas masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.(**)