BRI Mandeh Run 2019, Patikan Kawasan Mandeh Sport Tourism Unggulan Sumbar

oleh
Menpar RI Arif Yahya bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Forkompida Sumbar lakukan flag off BRI Mandeh Run Minggu 3/3 di Sungai Nyalo Pesisir Selatan. (foto: ichobb)

Mandeh,— Perhelatan lomba lari BRI Mandeh Run 2019 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Pengibasan bendera start, Menpar RI bersama-sama dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Fakhrizal, Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Andrinof A Chaniago Komut BRI sebagai inisiasi lomba lari marathon berbrevet internasional, Minggu 3/3 di Kawasan Mandeh, sebanyak 2500 pelari siap bersaing untuk menjadi terbaik.

Lomba lari BRI Mandeh Run 2019 baru pertama kali diadakan, menurut panitia penyelenggara diikuti peserta 2500 peserta dari dalam negeri dan mancanegara, seperti Kenya, Cina, Inggris dan Malaysia untuk memperebutkan total hadiah Rp 455 juta rupiah, terbagi dalam tiga kategori 5K, 10K atau 19K.

Irwan Prayitno mengatakan, bahwa kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata sport tourism unggulan Sumbar.

“Kawasan Mandeh memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan kawasan wisata lain di Indonesia yang mendapat julukan sebagai ‘The Paradise of the South’ serta ‘Raja Ampat Sumatera’ yang nemiliki hamparan hutan tropis dan juga pemandangan laut yang fenomenal,” ungkap Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kapolda Sumbar Irjend Pol Fakhrizal usai start BRI Mandeh Run 2019 coba trackt menuju Puncak Paku Sungai Nyalo, Minggu 3/3 (foto: ichobb)

“Sumbar sudah lama dikenal dengan event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi seluruh kota dan kabupaten, sekarang yang pertama kali kita mengadakan lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019 yang juga diikuti oleh lima negara,” ujar Irwan Prayitno menambahkan.

kata Irwan event BRI Mandeh Run 2019 bisa mengangkat pariwisata Sumbar, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan serta meningkatnya pembangunan, akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat” ujar Irwan dengan optimis.

Kawasan Mandeh eksostik dan amazing, pagi menjelang start BRI Mandeh Run 2019, Minggu 3/3 (foto: ichobb)

Gubernur Sumbar berharap, adanya BRI Mandeh Run 2019 ini, akan memotivasi investor untuk berinvestasi di Sumbar yang bertujuan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan berkurangnnya kemiskinan dan pengangguran.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada BRI yang telah menyelenggarakan BRI Mandeh Run 2019, juga apresiasi kepada semua pihak yang mendukung dan saya berharap mudah-mudahan acara seperti ini terus berkelanjutan tiap tahunnya,”ujar  Irwan Prayitno.(rilis: humas-sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *