Tim KKN UNP bersama Ketua LPPM UNP mematangkan Program Integrasi Kampus Nagari – Program Pemberdayaan Masyarakat (IKN – PPM) UNP

oleh -381 views
oleh
381 views

Padang— Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Anton Komaini, S.Si., M.Pd., memimpin langsung rapat persiapan peluncuran program Integrasi Kampus Nagari – Program Pemberdayaan Masyarakat (IKN – PPM) UNP yang difasilitasi oleh Pusat Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNP yang diketuai oleh Dr. Elfi Tasrif, MT. Program ini direncanakan untuk direalisasikan pada KKN Periode Juli-Desember 2024 yang akan digelar pada bulan Juni-Juli 2024.

Program IKN-PPM UNP merupakan program unggulan UNP yang mensinergikan secara nyata tridharma perguruan tinggi dengan Nagari. Program IKN-PPM UNP dirancang untuk mengaktualisasikan tridharma perguruan tinggi, baik pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dan dosen melalui pengembangan potensi yang dimiliki oleh Nagari.

Program ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara UNP dengan berbagai Nagari di Sumatera Barat dalam realisasi tridharma pergurua tinggi. Prof. Anton memberikan arahan bahwa program ini merupakan program unggulan UNP tahun 2024, yang dirancang spesifik pada potensi yang dimiliki oleh Nagari dalam mensinergikan tridarma perguruan tinggi, misalnya pada bidang pertanian, peternakan, pariwisata, dan pengembangan produk UMKM setempat. Sebagai pilot project, rencananya program ini akan diimplementasikan pada lima Nagari percontohan dengan melibatkan sekitar 100 orang mahasiswa. Program ini direncanakan akan diluncurkan dalam waktu dekat oleh Pusat KKN dan LPPM UNP.