UNP Lantik Pengurus UKM Baru: Arah Baru untuk Masa Depan Mahasiswa dan Inovasi Digital

oleh -389 views
oleh
389 views

Padang – Universitas Negeri Padang (UNP) mengambil langkah signifikan dalam memperkuat organisasi kemahasiswaan dengan melantik pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk masa bakti 2024. Upacara pelantikan yang berlangsung di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Senin (29/1/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, serta Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt, Direktur Alumni & Kemahasiswaan Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si., M.Pd, dan Wakil Dekan I dari berbagai fakultas seperti FBS, FEB, FMIPA, FIP, dan FIK,

Kegiatan ini bentuk ketegasan komitmen Universitas dalam pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Acara ini juga dihadiri oleh staff khusus rektor dan kasubdit pada Direktorat Alumni & Kemahasiswaan UNP, serta 19 organisasi kemahasiswaan yang dikomandoi oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Dalam sambutannya, Rektor UNP menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam memikirkan masa depan. “Kita tidak bisa sukses jika bekerja sendiri-sendiri. Keberadaan UKM bukan hanya sebagai organisasi tambahan, tapi sebagai sayap penting Badan Eksekutif Mahasiswa untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa,” ujar Rektor.

Rektor juga menambahkan, mahasiswa diharapkan aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mereka. Sebagai bagian dari ini, ia meminta agar pengurus UKM diutamakan dari mahasiswa yang berada di semester 5-6, dimana di semester 7-8 mereka diharapkan fokus pada kegiatan seperti Praktek Kerja Lapangan (PKL), magang, dan penyelesaian skripsi.

Kesuksesan akademis dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan perkuliahan juga menjadi fokus. Rektor UNP menegaskan bahwa aktivis harus dapat menyelesaikan studi tepat waktu sambil memiliki kemampuan akademis yang baik dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi mahasiswa di UNP.

Era digitalisasi menjadi sorotan utama dalam pengembangan UKM. “Saya harapkan kita terus mengembangkan tata kelola kita dengan sistem digitalisasi. Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat melakukan berbagai inovasi,” tambah Rektor. Penggunaan teknologi diharapkan dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru.

Selanjutnya, Rektor menekankan bahwa UKM merupakan corong bagi UNP untuk meningkatkan reputasi akademik melalui keberadaan dan prestasi mahasiswanya. “Universitas ini sangat ditentukan oleh alumni dan mahasiswanya. Tunjukkanlah prestasi saudara melalui unit kegiatan ini, bawalah nama universitas ini ke tingkat nasional bahkan internasional,” tegasnya.

Pelantikan ini menandai dimulainya era baru bagi organisasi kemahasiswaan di UNP, dengan harapan besar pada kontribusi dan prestasi mahasiswa dalam skala yang lebih luas. (**)