Warga Eksodus dari Palu, KI Sulteng Kerahkan Dua Armada

oleh
Komisi Informasi Sulteng kerahkan dua armada antar warga korban bencana pulang ke kampung asalnya, Sabtu 6/10. (foto: kisulteng)

Palu,—Suasana daerah bencana di Kota Palu masih sibuk dengan evakuasi dan pendistribusian bantuan ke tenda-tenda pengungsian korban gempa bumi dan tsunami serta likuifaksi.

Bahkan warga korban gempa yang selama ini merantau ke Kota Palu mulai eksodus kembali ke tanah asalnya.

Untuk mengangkut warga yang mau eksodus dari Kota Palu, Komisi Informasi Sulawesi Tengah (KI Sulteng) siapkan dua  untuk ikut membantu warga pengungsi yang ingin keluar atau menuju ke kabupaten terdekat.

“Hari ini dua armada KI Sulteng diberangkatkan pukul 14.00 Wita menuju Kabupaten Tolitoli dengan membawa 12 warga,”ujar Ketua KI Sulteng Irfan Pontoh, Sabtu 6/10 kepada media sore ini.

Setelah mengantar, armada kembali ke Palu dengan membawa logistik berupa Sembako.

“Bantuan sembako kita sebar kepada masyarakat korban bencana di Palu,”ujarnya.

Menurut Irfan Pontoh berjibakunya KI Sulteng tidak lepas dari donasi kemanusiaan yang dikumpul dari Komisioner KI se Indonesia.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Komisioner KI Pusat dan komisioner KI se indonesia yang telah ikut berpartisipasi meringankan beban warga korban bencana di sini,”ujar Irfan Pontoh.

Sampai saat ini kata Irfan puluhan ribu warga di Palu ingin keluar sementara dari kota Palu.

“Untuk keluar Palu lewat udara pemerintah menyiapkan pesawat Hercules untuk mengantar warga keluar daerah seperti Surabaya, Makasar dan Balikpapan. Kalau via darat para korban eksodus sementara ke daerah kabupaten terdekat seperti Poso, Luwuk, Morowali, Tolitoli dan Buol,”ujarnya..

Dan setiap pemerintah daerah menyiapkan armada bus dan truk untuk memulangkan sementara warganya yg ingin kembali ke daerah asalnya. (rili:kisulteng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *