1000 Sertifikat Tanah untuk Transmigrasi Bengkulu Diserahkan Akhir 2018

oleh
Lewat Dirjendnya, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo pastikan 1000 sertifikat tanah warga transmigrasi Bengkulu diserahkan akhir tahun ini. Eko bersama Presiden Jokowi saat meninjau PKT Banyuasin beberapa waktu lalu. (foro: dok)

Jakarta,— Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yang diberi mandat oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu telah menyerahkan Sertifikat Hak Milik (SHM) kepada para transmigran yang menghuni di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lagita, Kawasan Transmigrasi di Bengkulu Utara, Bengkulu.

Pemberian SHM itu sebagai upaya Presiden Jokowi dalam mengejar target penerbitan sertifikat tanah sebagai upaya pelaksanaan program reforma agraria di Tanah Air dikarenakan banyaknya sengketa lahan lantaran karena tidak adanya sertifikat.

“Tahun lalu sudah lebih 5 juta sertifikat diberikan Presiden. Tahun ini ditargetkan bisa lebih dari 7 juta sertifikat. Presiden meminta kita agar mempercepat pemberian sertifikat itu,” ujar Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo kala itu.

Hari ini di Jakarta, Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Des, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Dirjen PK Trans Kemendes PDTT) M.Nurdin mengatakan, pemberian sertifikat sebanyak 600 SHM dari 1.532 bidang di kawasan transmigrasi di Bengkulu itu diberikan kepada tiga kecamatan yakni Kecamatan Enggano, Kecamatan Nepal Putih dan Kecamatan Hulu Palik.

“Kita optimistis, hingga akhir tahun, pemerintah akan menyerahkan kembali SHM sebanyak 1.000 kepada para transmigran,”ujarnya, Kamis 9/8.

Pemberian sertifikat ini, kata Dirjen PK Trans Nurdin yang mendapat pesan dari Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo agar sertifikat yang telah diberikan nantinya dapat dipergunakan dengan baik dan tidak diperjualbelikan.

“Pak Menteri berpesan agar lahannya dimanfaatkan untuk produksi sehingga dapat meningkatkan ekonomi,”ujarnya. (*humker/kdpdtr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *