Copas RPJMD Sumbar, Bikin Geli Nurnas, LSM MAMAK: Terbukti, Itu Merugikan Uang Rakyat

oleh -356 views
Dokumen RPJMD banyak Copas, HM Nurnas tak pula sinkron Bab antar Bab, Senin 19/72021. (foto: dok)

Padang,—RPJMD Sumbar terus digodok Pansus DPRD Sumbar, bahkan dalam penyigian dokumen vital Sumbar itu banyak ditemui keanehan dan kejanggalan. Malah copy paste terhadap RPJMD Padang adalah fakta tak terbantahkan di dokumen tersebut.

“Tidak salah ketik karena ada pragraf awal RPJMD Sumbar itu sama persis dengan RPJMD Kota Padang, masih ngeles salah ketik juga lagi,” ujar HM Nurnas Senin 19/7-2021 saat coffee morning dengan wartawan di Khatib Sulaiman Kota Padang.

HM Nurnas tidak asal bahas RPJMD, politisi senior Partai Demokrat Sumbar sediakan waktu khusus mempelototi helai demi helai RPJMD yang terdiri 419 halaman dan membandingkan dengan RPJMD yang berlaku saat ini.

“Padahal penyusunan RPJMD itu jelas ketentuannya
yakni Permedagri 86/2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Perencana, ketika saya baca selain copy paste dengan RPJMD Kota Padang juga antar Bab di dokumen RPJMD itu banyak yng tak sinkron,” ujar HM Nurnas.

HM Nurnas merasa geli ketika menyigi RPJMD yang disusun Tim Sumbar Madani.

“Saya tahu pasti hormat sekali, Tim Sumbar Mandani tapi mengapa RPJMD copy paste RPJMD Kota Padang,”ujar HM Nurnas.

RPJMD provinsi itu mempedomani Permendagri 86/2017 kata HM Nurnas fakta dari dokumen RPJMD itu Bab per Bab tidak sinkron.


“Saya minta ke Pansus supaya melakukan tugas pengkajian terhadap RPJMD tidak menjadi editor terhadap nakash ini,” ujar HM Nurnas.

RPJMD Sumbar yang diusul ke DPRD dan dibahas Pansus nantinya menjadi kesepakatan bersama terdiri 9 bab, pada bab IV kata HM Nurnas topik masalah dan isu, mengungkap antar Bab sebelumnya berlawanan.

“Pembangunan bagus di potret daerah pada Bab IV dokumen RPJMD, tapi soal Bina Marga saja sudah tidak singkron lagi, menyebutkan permasalahan soal infrastruktur,” ujar HM Nurnas.

Bahkan tim gubernur juga lupa tentang kemampuan riil keuangn daerah kisarannya Rp 1,2 triliunm.
Total penerimaan menjadi APBD 2026 diestimasikan TIM Sumbar Mandani Rp 7,9 tiriliun.

“Nah, saat dibahas di Pansus, tampak tim nggak kuat argumennya soal angka APBD 2026. Faktanya jangankan bertambah menjadi turun menjadi Rp 7,8 triliun.
Biasamya jika diminta kaji pasti estimasi APBD ditahun akhir jabatan bertambah,” ujar HM Nurnas.

Nurnas mengatakan RPJMD hampir 419 halaman isinya copy paste dengan RPJMD. Kota Padang.

“Padahal penyusunanannya saya tahu pasti disusun orang berkualifeid semua,”ujar HM Nurnas.

Antara Bab 2 dan Bab 4 kata HM Nurnas dokumen RPJMD tidak menyambung.

“Bab 2 disebut air maninjau rusak tercemar, pas di Bab 4 kok tidak dipermasalahkan, aneh nggak tuh. Silahkan copas (copy paste) tapi ubah bahasanyalah, karena jika nyontek habis jika di bawa ke Sumbar maka makna dan implementasinya berbeda,” ujar HM Nurnas.

Kabar terakhir nasib RPJMD Sumbar, Pansus DPRD Sumbar meminta dilakukan perbaikan seluruh keanehan dan kejanggalan.

Ditempat terpisah ketua LSM MAMAK Syahrial Aziz menyebut copy paste RPJMD disusun oleh orang memiliki lebih ilmu oengetahuan itu kejahatan keuangn rakyat.

“Penyusun RPJMD itu dibiayai uang rakyat Sunbar, rakyat percaya kerja tim penyusunan tapi kalau nyontek gimana tuh?,” ujar Syahrial Aziz.

Atas temuan copy paste itu, LSM-nya terus mengumpulkan bukti-bukti soal copy paste atas kerja dibiayai uang rakyat.

“Jika memenuhi unsur dugaan keuangan, pasti kita laporkan ke kejaksaan,” ujarnya. (***)