Dirjen Vokasi Kemendibudristek Wikan Sakarinto Resmikan Sekolah Vokasi UNP

oleh -139 views
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendibudristek Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. bersama Rektor UNP Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D meresmikan Sekolah Vokasi UNP, Senin (4/10/21)

Padang–Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendibudristek Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. meresmikan sekolah vokasi Universitas Negeri Padang (UNP) dengan 20 prodi bertepatan dengan acara wisuda UNP ke-124, Senin (4/10/21) di gedung Auditorium UNP.

Dalam sambutannya wikan mengucapkan selamat kepada wisuda dan wisudawan yang diwisuda pada hari ini. Dia berharap wisudawan ini bisa mempunyai 3 resep penting orang sukses yaitu softskill, Karakter personal dan Hardskill.

“Softskill, karakter personal, dan hardskill adalah ramuan penting, jauh lebih penting dari IPK dan ijazah karena itu adalah modal untuk menjadi orang sukses dan
dunia sudah berubah maka adek mahasiswa harus memahami apa itu digital skill”, ujar nya.

Wikan yang pernah menjabat Dekan sekolah vokasi Universitas Gajah Mada ini telah menyelesaikan studi S3 di Kobe University Jepang pada Program Mechanical Engineering pada tahun 2016.

Sebagai pelaku industri, Wikan menambahkan kerja sama dengan industri itu diperlukan agar menghasilkan lulusan vokasi UNP langsung diserap oleh industri. Oleh karena itu kurikulum yang diterapkan disekolah vokasi adalah kurikulum campuran antara kurikulum UNP dan kurikulum yang dibuat bersama pelaku industri, guru atau dosen dari industri, bridging program di mana pihak industri memperkenalkan teknologi dan proses kerja dalam kuliah, program magang terstruktur sebagai kerja sama kedua belah pihak, kemitraan resmi antara vokasi dan industri.


Wikan juga menjelaskan bahwa sertifikasi kompetensi bagi lulusan yang dikeluarkan oleh industri dan vokasi, riset gabungan dan juga pemberian bantuan peralatan dan beasiswa oleh industri.

“Dengan kerja sama yang baik diharapkan lulusan vokasi dapat memiliki keahlian yang sesuai dengan apa yang diinginkan dalam dunia kerja,” ujar wikan

Ke depan, dia berharap lulusan pendidikan vokasi memiliki kompetensi dan daya saing, sehingga dengan produktivitas tenaga kerja yang baik, maka pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan dan kebahagiaan suatu bangsa dapat tercapai.

Selanjutnya Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. bersama Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dan Anggota Senat serta wisudawan yang hadir ikut menyaksikan penandatanganan peresmian Sekolah Vokasi UNP. (monsis)