Kampoeng Minang di Jakarta Tampa Dana APBD Sumbar

oleh -506 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno resmikan kampoeng minang di lapangan Benteng Jakarta, Jumat 28/4
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno resmikan kampoeng minang di lapangan Banteng Jakarta, Jumat 28/4

Jakarta,—Gubernur Irwan Prayitno meresmikan Kampoeng Minangkabau “Culinary and Craft Festival ” di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Jum’at, (28/4).

 

Festival Kampoeng Minang kata Irwan merupakan ide cemerlang dari anak-anak muda Minang di Jabodetabek Jakarta, membuktikan anak muda dirantau bangga Minangkabau.

“Hebatnya lagi kegiatan ini tanpa bantuan setu sen rupiah pun dari APBD Sumbar,”ujar Irwan saat sambuatan.

Adanya kegiatan Kampoeng Minang di Jakarta patut mendapatkan apresiasi siapa saja dan di mana saja orang minang berada.

“Ini memang sesuatu yang luar biasa dari kecintaan anak-anak minang yang memiliki keinginan ikut serta mempromosikan keistimewaan potensi kampung Minangkabau, tanpa merengek-rengek kepada pemerintah daerah minta dana APBD,”ujarnya

Semangat bangga pada kampung dan masih melekat jiwa keminangannya di anak muda rantau bisa positif sebagai gerakan “Proud of Minangkabau” atau sekarang lebih dikenal dengan nama gerakan minangpride.

Irwan didampingi Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal mengajak bagaimana hal-hal positif yang patut dikembangkan, apalagi yang membawa khas minang menjadi trend tersendiri dalam ragam perkembangan pola jejaring promosi pasar saat ini.

”Kita mendorong apapun kegiatan yang  positif apalagi selalu membawa membawa ciri khas Minang. Acara ini merupakan bahagian promosi wisata kuliner kita dan atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat, saya mengucapkan terima kasih, karena telah ikut membantu promosi dan membesarkan kepariwisataan Sumatera Barat di ibu kota negara ini,”ujar Irwan.

Adanya kegiatan kata Irwan sekaligus membantah anggapan selama ini etnis minang sulit bersatu.

“Hari ini di kegiatam Kampoeng Minang semua anggapan itu terbantahkan,”ujar Irwan.

Pada kesempatan itu dihadapan anak muda perantau minang, Gubernur Irwan Prayitno mengajak setiap masyarakat Sumbar kira menonton film Surau dan Silek. “Film ini akan memberikan apresiasi kepada generasi muda dari minang yang begitu cinta kepada kampung halamannya. Film ini sangat bagus dan pantas kita berikan pujian, mari kita saksikan bersama-sama,”ujarnya.

Adek Hendri Hasan dedengkot pelaksana Kampoeng Minang menyampaikan, acara awalnya digagas oleh komunitas Anak-Anak Minang di jabodetabek dan empat bulan lalu di sini juga digelar festival jajanan minang

“Waktu itu kami  bangga karena sangat tinggi animo dan minat masyarakat minang datang dan menikmati jajanan minang. Dan hari ini diadakan lagi dengan penambahan konten, tidak hanya kuliner saja dan pelaksananya bertambah dengan Saudagar Minang Raya (SMR), sekalian pelantikan pengurus SMR,”ujarnya. (relise humas)