KKG PAI dan KKKS Kecamatan Pariaman Utara Gelar Lomba Tahfiz Al Quran Juz ke-30

oleh -31 views

Pariaman–Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Pariaman Utara, menggelar acara Lomba Tahfiz Al Quran Juz ke-30, dalam rangka untuk meningkatkan spiritual siswa khususnya, dan menyukseskan program Pemerintah Kota Pariaman di bidang Tahfiz Al Quran.

Kegiatan yangmengambil tema “Menjadikan Al Quran Sebagai Sahabat Bagi Anak”, diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Pariaman Utara ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Pariaman Yurnal, bertempat di SDN 17 Tungkal Utara, Sabtu (26/3).

Lomba Tahfiz Quran tingkat SD inimerupakan suatu langkah bagus, sesuai dengan misi Pemko Pariaman yang ingin menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota yang religius. Selain itu Yurnal menyatakan, bahwa lomba tahfiz tersebut juga salah satu indikator pengukuran pelaksanaan ekstrakurikuler tahfiz di sekolah.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena kegiatan seperti ini bisa membentuk moral anak-anak, menjadi generasi yang islami, dan melahirkan generasi-generasi qur’ani yang hafal Al Quran, dan bermanfaat bagi orang banyak”, ujar Yurnal.

Beliau berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya untuk tingkat SD se Kecamatan Pariaman Utara saja, tapi cakupannya kedepan lebih diperluas lagi menjadi se Kota Pariaman.

Iis Mardianto, Ketua KKKS Kecamatan Pariaman Utara menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat menghapal Al Quran bagi siswa dan lebih mencintai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap agama islam, mempererat rasa silaturahmi sesamaguru dan siswa, dan menjalankan programKKG dibidang kerohanian.

Untuk peserta,disetiap SD yang ada di Kecamatan Pariaman Utara harus mengirimkan utusan mewakili sekolah masing-masing yang terdiri dari 1 Pa dan 1 pi Kelas Tinggi. Sedangkan untuk penilaian dititik beratkan pada tajwid dan irama.