Mantap Nofi Chandra Jadi Wakil Ketua PPUU, Betekad Buat UU Keistimewaan Sumbar

oleh -518 views
Senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra (kanan) dipercaya menjadi wakil ketua PPUU DPD RI, siap memperjuangkan UU Keisitimewaan Provinsi Sumbar, Selasa 22/8 di Jakarta.
Senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra (kanan) dipercaya menjadi wakil ketua PPUU DPD RI, siap memperjuangkan UU Keisitimewaan Provinsi Sumbar, Selasa 22/8 di Jakarta.

Merdeka,—Sejak hari ini terjadi pergeseran di kelembagaan DPD RI, bahkan pindah komite para Senator pun terjadi.

Senator Sumbar Nofi Candra kini dipercaya menjadi Wakil Ketua Panitia Pembuat Undang Undang (PPUU), mantap.

Banyak kalangan bertanya apa yang akan dilakukan PPUU apalagi Nofi termasuk barisan pimpinannnya dengan Ketua PPUU Made Pasek.

Ternyata Nofi sudah punya rencana, yakni membuat UU untuk keisitimewaan Sumbar.

“Mengapa tidak, Sumbar harus punya UU keisitimewaan sebagai provinsi, sama dengan Jogjakarta dan Aceh,”ujar Nofi, usai terpilih menjadi Wakil Ketua PPUU DOD RI, Selasa 22/8 di Senayan Jakarta.

Terlalu mulukkah perjuangan si Senator DPD RI dari Sumbar itu, ternyata tidak, Nofi Candra punya 1001 argumen untuk menjadikan Sumbar provinsi istimewa.

“Kalau orang bilang terlalu mengada-ngada, bagi saya salah searching di google pasti semua orang setuju kalau Sumbar negeri saya itu pantas menyadang daerah istimewa, dari sisi apa, memerdekakan republik, menegakan merdeka atau mati, termasuk meletakan dasar negara ini, separo anggota kosntituante waktu itu berasal dari Sumbar,”ujarnya.

Bahkan untuk kekinian, keistimewaan itu juga harus dilekatkan ke Sumbar.

“Negeri kami Sumbar dengan suku Minangkabau, satu-satunya menganut garis keturunan ibu, atau matriakat,”ujarnya.

Selain itu, di Sumbar pemerintahan terendahnya nagari meletakan tiga tungku sejarangan tigo tali sapilin dalam menjalankan roda pemerintahan terendah itu.TIdak desa seperti provinsi lain, artinya kata Novi secara tidak langsung pemerintah sudah melekatkan keistimewaan itu.

“Tapi itu harus dipertegaskan dengan UU keistimewaan Sumbar. Dan ini menjadi target saya untuk memperjuangkannya, dengan catatan ada usulan dari Provinsi Sumbar sendiri,”ujar Nofi.(rian)