Pilkada 2020, ‘Tigo Ajo Mudo’ Ini Diharapkan ‘Ughang Piaman’ Maju Cabup

oleh -785 views
Tiga Ajo Mudo ini diharapkan maju di Pilkada Padang Pariaman 2020. (foto: desaind by ichobb)

Padang,—Usai Pileg, Terbitlah Pilkada, ada tiga ajo mudo (orang muda) berkiprah berbeda bidang, ternyata disebut dan diharapkan banyak ughang piaman (orang padang pariaman) maju jadi Cabup Pilkada Padang Pariaman 2020.

Afriandi, ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, Vifner, Anggota Bawaslu Sumbar dan Hary Efendi, Akademisi FISIP Unand, mereka bertiga ini terkenal perhatian dan peduli kepada daerah Padang Pariaman.

“Kalau ketiganya kita yak ragukan lagi, satu saja yang maju, Insya Allah menang di Pilkada 2020,”ujar Ajo Eriko anak muda di Lubuk Aluang.

Afriendi dua periode jadi komisoner punya khans karena selalu intens membina hubungan dengan kampung.

Vifner jelas lebih berkhans karena pernah menjadi Ketua KPU Padang Pariaman tentu jelas klik-klik politik Pilkada di Piaman.

Lalu Hary Efendi punya analisa tajam untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan kabarnya untuk Padang Pariaman bagian barat Hary Efendi termasuk jumawa.

Menurut jurnalis berbrevet Utama Adrian Toaik, ketiganya punya kemampuan dan jelasnya tiga ajo mufo  itu mewakili kaum milinial di Piaman.

“Dari ketiganya tentu harus ada politik tolak ansua (mengalah), jangan serentak maju, kalau satu lalu dua mendukung ini pasti Cabup dahsyat di Pilkada 2020,”ujar Adrian kini jadi Ketua Komisi Informasi Sumbar.

Apakah ketiganya maju, menurut Eriko masih berproses. “Pilkada baru tahap mengapungkan bakal kandidiat, kalau kepastiannya tentu saat proses pencalonan oleh Parpol atau maju sebagai calon perseorangan,”ujarnya.

Pilkada Padang Pariaman sendiri termasuk rejim Pilkada serentak nasional September 2020, di Sumbar selain Padang Pariaman ada 12 Pilkada kabupaten kota dan Pilgub. (ichobb)