Poltracking Rilis Survei Pamungkas Pilkada Sumbar, MUALIM Ungguli Tiga Paslon Lainnya

oleh -311 views
Poltracking Indonesia rilis suvei pamungkas Pilkada Sumbar 2020, elektabikitas Mualim tertinggi, Sabtu 5/12 (foto: dok)

Padamg,—-Waooo Poltracking Indonesia kembali buka fakta survei pamungkasnya di Pilkada Sumbar jelang memasuki masa tenang 6 Desember 2020 besok.

Polreacking lembaga survei yang hasilnya selalu mendekati  keberan di berbagai proses pemilihan pemimpin di Indonesia terakhir
Pilpres 2019, Poltracking paling dekat. kebenarannya merilis survei waktu itu menyatakan Jokowi-Maruf Amin menang.

Nah hari ini, Sabtu 5 Desember 2020, Poltracking merilis hasil survei pamungkasnya di Pilkada Sumbar 2020.Mualim ungguli tiga Paslon lainnya.

Hasil survei terbaru peta kekuatan elektoral Cagub-Cawagub Sumbar 2020 dari lembaga survei Poltracking Indonesia menyebutkan elektabilitas Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni (Mualim) masih unggul dibanding paslon lain, dengan persentase sebesar 37,2 persen.

Manajer Riset Poltracking Indonesia Masduri dalam rilis yang diterima Padek.co, survei ini diselenggarakan dalam rentang waktu 25-30 November 2020 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Pengumpulan data dilakukan pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu kelurahan terpilih.

Dia menambahkan, sebanyak 25 persen dari total sampel didatangi dan diwawancarai kembali untuk memastikan kebenaran data dan seluruh responden 100 persen dikontak kembali lewat telepon guna keperluan konfirmasi dan verifikasi validasi data.

“Jumlah sampel dalam survei ini sebanyak 1.200 responden dengan margin of error lebih kurang 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Klaster survei ini menjangkau 19 kabupaten/kota di seluruh Sumbar secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir,”ujar Masduri.

Dari hasil survei ditemukan, bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, angka elektabilitas paslon Mulyadi-Ali Mukhni sebesar 37,2 persen, tertinggi dibanding paslon lain.

Diikuti paslon Nasrul Abit-Indra Catri sebesar 27,5 persen, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy sebesar 25,2 persen, dan paslon Fakhrizal-Genius Umar sebesar 5,4 persen dengan undecided voters sebesar 4,7 persen.(rilis: mydcenter/gk)