Solsel Ikuti Inacraft Di Jakarta

oleh -57 views
Splsel hadir di Inancraft Jakarta ajang promosi produk UMKM, dikunjungi Bupati Solok Selatan. (dok/kampai)

Solok Selatan – Pemkab Solok Selatan mengikuti kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022, bertempat di Jakarta Convention Center, Rabu 23/3-2022.

Dalam kegiatan Inacraft 2022, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menampilkan produk unggulan UMKM berupa hasil sulaman Eki Kreasi dan produk hijab dan syar’i Eva Duraza.

Bupati H Khairunas turut meninjau langsung pameran stand Dekransda Solok Selatan dan mengapresiasi keikutsertaan produk UMKM Solok Selatan dalam pameran ini. Beliau juga mengharapkan para perantau Solok Selatan dapat mengunjungi stand pameran Dekranasda Solok Selatan.

“Dengan keikutsertaan Solok Selatan pada ajang Inacraft Tahun 2022 ini, diharapkan produk-produk UMKM kita lebih dikenal masyarakat Indonesia dan Internasional. Untuk melirik pangsa pasar yang lebih luas, kita akan lakukan berbagai pembaharuan terhadap produk-produk UMKM tersebut,”ujar Khairunas..

Kedepan Bupati mengharapkan agar seluruh unsur-unsur yang ada, baik pemerintah maupun masyarakat untuk dapat lebih menggali potensi yang ada khususnya dibidang kerajinan kreatif yang memuat perbaduan budaya dan etnis.

‘’Kita memiliki produk unggulan yang bagus dan juga memiliki daya saing pada industri kerajinan,’’ ujar Bupati Solok Selatan.

Ketua Dekranasda Solok Selatan, Hj Erniati Khairunas menyebut ajang ini adalah upaya untuk mempromosikan produk kerajinan hasil pengembangan ekonomi kreatif dan juga meningkatkan harga jual produk hasil kreativitas pelaku UMKM di Solok Selatan.

Produk UMKM yang dihasilkan ini merupakan binaan Dekranasda, Sulaman Eki Kreasi memamerkan produk unggulan Salendang Koto Gadang, Karancang, Baju Kurung Basibah Modifikasi, Baju Kurung Sulam Peniti dan Lain Sebagainya. Pada acara pameeran ini, produk-produk tersebut akan diikutsertakan juga pada ajang Inacraft Award nantinya, ungkap Erniati.

Sementara itu, pelaku UMKM Sulaman Eki Kreasi mengatakan ajang Inacraft ini sangat bermanfaat.

“Kita pelaku UMKM, kita berkesempatan memperkenalkan dan mempromosikan produk ketingkat nasional dan internasional, dan Alhamdulillah produk yang kita bawa banyak diminati oleh para pelanggan di Jakarta,” jelas Eki.

Kegiatan Inacraft tahun ini mengusung tema “Smiling Heritage of West Java : From Smart Village to Global Market”, diselenggarakan pada hall atau lokasi pameran tanpa dipungut biaya masuk. Sebanyak 722 peserta hadir dalam pameran ini, terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN.

Turut mendampingi Bupati, Wakil ketua Dekranasda Ny. Hj. Bet Yulian Efi, Kepala Dinas dan OPD terkait. (dd-kampai)