Uihh Ngerii… TOP100 Siapkan ‘Lawan Berat’ Buya Gubernur

oleh -161 views
Hhhmmm.. inu tujuh nama. tokoh rekomended TOP100. lawan Buya Gubermur. pada. Pilkada Sumbar 2024. (dok/gusriko)

Tujuh nama itu sudah memiliki modal 3T plus 1T, jika ini mengkerucut jadi satu atau dua nama saja, maka Pilkada 2024, Buya Gub bisa tidak aman elektabilitas-nya,

Andri Rusta

Padang, —Jika Parpol butuh Cagub melawan calon incumbent pada Pilkada 2024 tak perlu repot-repot.

Whatsapp group (WAG) TOP 100 sebuah group whatsapp tempat kumpulan orang ‘paten’ di Sumbar, Minggu 20 Februari telah merilis tujuh nama Calon Gubernur lawan berat Buya Gub, Inilah mereka:

1 H Andre Rosiade, politisi senayan dan ketua partai terbesar di Sumbar, awal 2022 ini sudah dikoarkan pemilih Sumbar untuk menjadi Gubernur 2024.

Andre Rosiade menjawab lebih pilih fokus kerja sebagai pejuang aspirasi Sumbar di tingkat pusat.

“Saya tak pikirkan itu, saya lebih memilih fokus kerja, kerja nyata untuk Sumbar,” ujar Andre yang dikenal sebagai Tokoh Kolaborator Negeri di chatnya.

2 H Khairul Jasmi, sosok ini termasuk tokoh king marker Sumbar. Senior wartawan, penulis buku ‘Lonceng Cinta Sekolah Guru’, pemred harian terbesar dan Komisaris di pabrik simin kebanggaan urang awak.

“Why not, kalau rakyat berkehendak maka terjadilah,” ujar KaJe biasa Khairul Jasmi disapa kalangan lokal, nasional dan dunia.

3. H Miko Kamal, advokat senior jebolan Aussie, dulu terkenal sebagai aktifis penegak keadilan untuk rakyat, Miko Kamal asset Sumbar, meski menjadi orang dekat kekuasaan saat ini (ring piston) tapi banyak suara mengatakan H Miko Kanal adalah rissing stars di Pilkada serentak nasional 2024.

” Ah tidak mungkin, tak etis dan tak elok, saya dikenal sebagai orangnya Buya Gub,”ujar H Miko Kamal.

4. H Hargianto, sosok jenderal bintang satu TNI AL ini saat menjabat Danlantamal II adalah sosok yang humble. Kini Laksamana Pertama (Purn) Hargianto lebih banyak berkecimpung dalam pergerakan kaum adat dan pemberyaan sosial ekonomi masyarakat Sumbar.

“Kerja untuk rakyat saja dulu. Kalau kehendak Yang Di Atas tentu ada jalan menuju Rumah Bagonjong,” ujar Hargianto di berbagai kesempatan.

5. Sutan Riska, anak muda tatlen Sumbar, di usia muda Sutan Riska bisa dua periode menjadi Bupati Dharmasraya.

Sutan Riska di Pemilu 2019 menjadi tokoh dibalik perubahan peta. politik Dapil Sumbar 6.

Kader penting di PDI Perjuangan punya khan menjadi penarung Buya Mahyeldi sang calon incumbent di 2024.

6. Irfendi Arbi, ini politisi unik, sempat gagal maju di Cabup Limapuluh Kota. tapi sejak akhir 2021 nama Irfendi Arbi viral sebagai calon gubernur Sumbar, Bang Pati biasa Irfendi Arbi disapa media mengatakan siap mendongkel elektabilitas Buya Gub pada Pilkada kedepan.

“Banyak yang meminta untuk maju Cagub 2024. Jika maju Insya Allah suara pemilih Luhak Nan Bungsu bersatu,” ujar Irfendi Arbi.

7. H Dony Oskaria, ini sosok profesional murni, pengusaha bertangan dingin, termasuk anak minang yang dipercaya Pengusaha Terkaya Pribumi Chairul Tanjung.

H Dony Oskaria kini menjadi Dirut di Holding BUMN ynag bergerak di dunia kepariwisataan.

H Dony diharapkan publik jadi Cagub 2024 untuk merubah mindset membangun Sumbar tak andalkan APBD dan APBN.

“Jangan ambo lah, banyak tokoh hebat yang bisa menjadi Cagub di Sumbar. Bahkan untuk kekinian Buya Gub tingkat keterpilihannya masih tinggi,” ujar Dony Oskaria.

Andri Rusta (dok)

Peneliti Spektrum Pokitica Andri Rusta menilai tujuh nama rekomendasi TOP100 adalah bungo galeh hebat di pertarungan politik 2024.

“Tujuh nama itu sudah memiliki modal 3T plus 1T, jika ini mengkerucut jadi satu atau dua nama saja, maka Pilkada 2024, Buya Gub bisa tidak aman elektabilitas-nya,” ujar Andri Rusta. (adt)