Wabub, Bahas Makro dan Mikro Ekonomi Pessel bersama Bung Also

oleh -93 views
Rudi dan Also terlihat berdiskusi soal Program Unggulan Rusma-Rudi untuk Pessel. (foto: dok/ori)

Painan,—Diskusi ringan membahas kondisi secara makro dan mikro ekonomi di Kabupaten Pesisir Selatan dalam menghadapi situasi pandemi covid -19, dilakukan Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah dengan putra asli Pessel, juga anggota DPD RI . H.Alirman Sori, Jumat 23/7-2021.

Kedatangan Anggota DPD RI Dr. H.Alirman Sori disambut hangat Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah di ruang kerjanya.

“Selamat datang Bang Alir tapi ambo pikir Bang Also yang lebih pas mengucapkan selamat datang diĀ  Pesisir Selatan ka ambo, bukan ambo ka abang,” ujar Rudi bergurau Wabup Rudi Hariyansyah mencairkan suasana saat pertama kali bertatap muka dengan senator Alirman Sori (Also, red).

Didalam pertemua pagi tadi, Wabub Rudi menyampaikan 3 poin komitmen pemerintahannya bersama Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, yaitu, Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan.

Namun yang baru bisa diagregasi dan terlaksana saat ini adalah bidang Pendidikan, sementara 2 bidang lainnya masih terkendala karena Pemda mengalami keterbatasan anggaran.

Beberapa upaya sedang dan tengah dilakukan Pemda Pessel dengan membangun komunikasi di beberapa kementerian yang menjadi agenda prioritas Bupati Pessel untuk menggaet anggaran dari pusat.

“Mudah- mudahan kedepannya satu persatu dapat terealisasi,” ujar Wabup Rudi Hariyansyah.

Anggota DPD Dr. H. Alirman Sori, memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Pemda Pessel terutama Bupati dan Wakil Bupati yang telah memulai beberapa langkah dalam mewujudkan 3 komitmen pemerintahannya di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraaan, meski roda pemerintahan mereka baru berjalan 6 bulan dan ditengah kondisi sulit karena mewabahnya pandemi covid-19.

“Hal ini tentunya dibutuhkan kebersamaan, partisipasi serta koordinasi dengan semua stake holder dan elemen masyarakat. Saatnya kita bergandengan tangan membangun Pesisir Selatan,”ujar Senator Also.

Mantan wartawan dan putra asli daerah Pesisir Selatan yang kini berkiprah di DPD RI tersebut tengah melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Pesisir Selatan dengan materi pokok; monitoring pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sebagaimana amanat UU nomor 2 tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan Negara dan stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan menjadi Undang- undang difokuskan pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selanjutnya diskusi dan pemaparan secara detail terkait PEN disampaikan bergantian oleh OPD dan perangkat terkait

Diskusi hangat berdurasi 1,5 jam tersebut ditutup dengan berswa foto bersama, tak ketinggalan beberapa staf di lingkungan kantor Bupati yang menunggu momen bersua muka dengan senator

Selanjutnya diskusi dan pemaparan secara detail terkait PEN disampaikan bergantian oleh OPD dan perangkat terkait.

Selain Wakil Bupati Rudi Hariyansyah terlihat hadir dalam pertemuan tersebut; Asisiten II, Kepala Bappedalitbang, Kadis PMD, Kepala DPKD dan Kabag. Perekonomian Pemda Kabupaten Pessel.(ori)