Wakil Rakyat Sumbar Diisolasi, Positif Covid-19 Sumbar Terus Bertambah

oleh -244 views
Akhir pekan Jubir Covid-19 Sumbar informasikan perkembangan penanganan virus korona di Sumbar, Minggu 13/9 di Padang. (foto: dok/kominfosb)

Padang,—-Satu lagi Anggota DPRD diisolasi karena terpapar covid-19. Informasi wakil rakyat tertular covid-19 langsung doa dan ucapan selamat datang dari berbagai kalangan.

Di WhatsApp Group TOP 100 admin group Jasman Rizal mengatakan mari doakan sahabat, saudara satu anggota TOP100 IA⁩ saat ini berjuang dalam perawatan tim kesehatan di SPH karena terinfeksi covid-19

“Semoga sahabat kita itu⁩ kuat, sabar dan ikhlas menerima sakitnya dan semoga Allah segera menyembuhkan beliau,”ujar Jasman.

Lalu Anggota DPRD yang pernah jalani isolasi di Semen Padang Hospital (SPH) Afrizal juga memberikan supor kepada koleganya itu.

“Semangat adinda istirahat cukup, dan pagi olahraga sambil berjemur terik matahari di lantai 7. Inshaa Allah sembuh, Amiinnn ya Allah,”ujar Afrizal yang kini sudah beraktifitas kedewanan lagi.

Sementara owner tribunsumbar,com Adrian Toaik Tuswandi juga menyemangati IA.

”Ayo bung dewan, pasti bisa sehat lagi, semangat bung,”ujar Toaik di group whatsapp teratas di Sumbar tersebut.

Sedangkan hari ini berdasarkan rilis Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyampaikan kenaikan pasien positif hari ini. Pagi 101 terkonfirmasi pukul 15.00 WIB sudah 126 orang positif covid-19 dan meninggal dunia hari ini bertambah lima orang.

”Akumulasi total sampai hari ini telah 3.386 rang orang Sumbar terinfeksi covid-19. Sembuh hari ini bertambah 24 orang, sehingga total sembuh 1.764 orang dan meninggal bertambah 5 orang, total pasien positif covid-19 meninggal dunia hingga sore ini 72 orang,”ujar Jasman Riza.

Dari data Dinas Kesehatan Sumbar diinformasikan Jasman Rizal jumlah spesimen diperiksa 150.775 spesimen dengan jumlah orang, 126.235 diperiksa. “Positvity rate Sumbar 2,68%, tetap angka terbaik di Indonesia,”ujar Jasman.

Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc terus bekerja kerss melakukan testing hasil tracing sample swab se Sumbar.

Sejak Sabtu sampai Minggu 2.350 sample yang diperiksa (Lab. Fak. Kedokteran Unand 2.064 sample dan Lab. Veteriner Baso Kab. Agam 286 sample), terkonfirmasi tambahan 126 (seratus satu) orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19, kesembuhan pasien covid-19 setelah 2 kali konversi negatif bertambah 24 orang.

Dan dari sebaran domisili Warga Sumbar terkonfirmasi positif berdasarkan KTP hari ini sebagai berikut:

1. Kota Padang 39 orang.
2. Kota Solok 14 orang.
3. Kota Padang Panjang 7 orang.
4. Kota Pariaman 1 orang.
5. Kota Payakumbuah 5 orang.
6. Kota Sawahlunto 27 orang.
7. Kota Bukittinggi 3 orang.
8. Kab. Padang Pariaman 2 orang.
9. Kab. Kep. Mentawai 1 orang.
10. Kab. Agam 17 orang.
11. Kab. Solok 3 orang.
12. Kab. Tanah Datar 4 orang.
13. Kab. Sijunjuang 1 orang.
14. Kab. Pesisir Selatan 2 orang.

Kasus Meningkat, Tapi Zona Merah dan Hijau tak Ada di Sumbar

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covie-19 Sumbar menginformasikan dari 19 Kabupaten Kota Se Sumatera Barat, setelah 27 Minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan, kategori daerah berdasarkan zona adalah:

Zona Risiko Sedang (Zona Oranye, 10 daerah)

Kota Bukittinggi
Kota Padang
Kota Solok
Kota Sawahlunto
Kota Pariaman
Kabupaten Padang Pariaman
Kabupaten Agam
Kabupaten Lima Puluh Kota
Kabupaten Tanah Datar
Kabupaten Sijunjung

Zona Risiko Rendah (Zona Kuning, 9 daerah):

Kota Padang Panjang
Kota Payakumbuh
Kabupaten Pasaman
Kabupaten Solok
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Pasaman Barat
Kabupaten Solok Selatan
Kabupaten Dharmasraya
Kabupaten Kepulauan Mentawai

“Zona Merah dan Hijau pada minggu ke 27 tidak ada di Provinsi Sumatera Barat,”ujae Jasman.

Jasman juga menyampaikan pesan Gubernur Sumbae Irwan Prayitno kepada masyarakat untuk yetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.(rilis: kominfosb/own)