Workshop Manajemen Bisnis dan Wawancara Akhir Startup di Dinas Kelautan dan Perikanan

oleh -1,735 views
oleh
1,735 views
Enam startup diuji oleh dewan juri kolaborasi Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar dengan UNAND. (danny)

DALAM rangka meningkatkan potensi bisnis di sektor kelautan dan perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan STP-LPPM Universitas Andalas (UNAND) menyelenggarakan workshop Manajemen Bisnis dan wawancara akhir Startup.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 30 November 2023 dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk ketua STP UNAND,  Dr. Eka Candra Lina, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat,  Yuliana Dona, dan para dewan Juri.

Ketua STP UNAND, Dr. Eka Candra Lina, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka dalam dunia bisnis kelautan dan perikanan.

Dr Eka juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan pemerintah dalam mendukung kemajuan sektor perikanan di daerah.

Sementara itu, Yuliana Dona, yang mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi ini. Ia menyatakan harapannya agar workshop ini dapat menciptakan peluang baru bagi pengembangan bisnis di bidang kelautan dan perikanan di wilayah tersebut.

Acara dilanjutkan dengan wawancara akhir bagi enam finalis startup yang telah berhasil melalui seleksi tahap awal.

Dewan juri terdiri dari Dr. Uyung Gatot S. Dinata, Dr. Eka Candra Lina, Prima Fitri MT, dan Danny Hidayat, S.E., M.M dari STP LPPM Universitas Andalas.

Selain itu, juga turut hadir Andre sebagai praktisi di bidang kelautan dan perikanan. Enam finalis dengan penuh semangat menampilkan potensi terbaik yang dimiliki dalam presentasi mereka di hadapan dewan juri.

Setiap peserta berusaha memberikan gagasan dan strategi bisnis yang inovatif untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Sumatera Barat.

Dr. Uyung Gatot S. Dinata, sebagai salah satu juri, menyatakan bahwa tingkat persaingan sangat tinggi dan semua finalis telah menunjukkan dedikasi dan kualitas yang tinggi dalam usahanya menghadapi tantangan di sektor ini.

Pada akhir acara, diumumkan bahwa keenam finalis telah menampilkan yang terbaik dari ide-ide bisnis mereka. Para pemenang akan mendapatkan dukungan lebih lanjut dari pihak-pihak terkait untuk mengembangkan startup mereka menjadi bisnis yang berkelanjutan di sektor kelautan dan perikanan.

Workshop Manajemen Bisnis dan wawancara akhir Startup ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Sumatera Barat.(analisa)

Oleh: Danny Hidayat, S.E., M.M.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAND