Bupati Suhatri Bur Gelar Monev IGA 2022 Targetkan Padang Pariaman Peringkat Lima Besar

oleh -130 views
oleh
130 views

Parit Malintang,- Perkuat peran kepala perangkat daerah dalam optimalisasi penginputan data inovasi yang diajukan masing-masing OPD, Bupati Suhatri Bur lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) proses pelaporan data inovasi daerah dalam penilaian Inovative Goverment Award (IGA) tahun 2022.

Kegiatan Monev yang dilaksanakan selama satu hari ini, dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah dan kepala Puskesmas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, bertempat di Hall IKK di Parit Malintang, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, pada Rabu (24/08).

Suhatri Bur yang sekaligus juga sebagai narasumber menyampaikan bahwa Padang Pariaman pernah menjadi terbaik dua IGA tahun 2018. Makanya dia menekankan pada kepala OPD untuk menyegerakan penginputannya di masing-masing OPD.

“Tahun ini target Padang Pariaman masuk 5 besar IGA,” tuturnya menegaskan.

Mantan aktivis mahasiswa ini juga menjelaskan, disamping memberi kemudahan dalam bekerja dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, inovasi bisa berdampak kepada kucuran Dana Insentif Daerah (DID). Oleh sebab itu, dia meminta seluruh inovasi yang telah diusulkan harus segera di input dan dilaporkan.

“Kucuran DID yang didapat melalui inovasi yang saudara usulkan akan sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat, makanya diminta respon dan keseriusan kita semua untuk melakukan pelaporannya,” tambah Suhatri Bur menerangkan.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbangda Azwarman melaporkan bahwa kegiatan Monev ini untuk menindaklanjuti radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor : 0026/4673/SJ tanggal 12 Agustus 2022. Dan hasil pantauan sementara, lapornya, masih banyak indikator yang belum terpenuhi baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Kita diberi waktu batas pelaporan tgl 17 September 2022,” sebutnya.

Kemudian Azwarman menegaskan, Monev yang berlangsung satu hari tersebut diikuti oleh Kepala OPD dan Sekretaris dengan menyertakan tenaga operator masing-masing. Hal ini, ungkapnya, untuk lebih menampakan komitmen masing-masing dan percepatan penginputan data inovasi yang telah diusulkan.

“OPD mengusulkan 148 inovasi dan Puskesmas 51 inovasi, jadi total tahun ini Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman punya 199 inovasi daerah,” tutupnya.

Sebelum dimulai, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pelaporan Data Inovasi Daerah dalam penilaian Innovative Goverment Award (IGA) 2022 yang berlangsung hingga sore ini, diawali dengan pengecekan langsung kehadiran seluruh kepala OPD oleh Kepala Bapelitbangda Azwarman selaku pelaksana.

Monev ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rudy Repenaldi Rilis, Staf Ahli Bupati dan Asisten dilingkungan Setda Pemkab Padang Pariaman. Setelah penyampaian materi dari bupati, Monev dilanjutkan dengan sharing yang dipandu oleh Kepala Bapelitbangda dan jajaran.