Anjangsana Pers ke Talawi, Bertemu Cucu Djamaluddin Adinegoro

oleh -130 views
oleh
130 views

Sawahlunto–Masyarakat Sawahlunto, khususnya Talawi sangat mengharapkan Presiden Jokowi merealisasikan rencana pembangunan Museum Pers di Talawi, tempat kelahiran tokoh pers nasional Djamaluddin Adinegoro. Keinginan membangun museum itu diungkapkan Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Talawi waktu Hari Pers Nasional tahun 2018.

Harapan kehadiran Museum Pers itu diingatkan dan diharapkan kembali oleh Asisten 1 Pemko Sawahlunto Irzam saat menerima Rombongan Anjangsana Pers di kediaman Adinegoro, di Talawi Mudiak, Sabtu (19/2/2022).

“Luar biasa kegembiraan kami masyarakat Sawahlunto atas kedatangan Tim Anjangsana Pers ini. Titipkan harapan kami, kiranya Pak Jokowi merealisasikan janji untuk membangun Museum Pers di areal rumah Adinegoro Talawi,” kata Irzam, ketika memberi sambutan mewakili Walikota Sawahlunto.

Harapan lain yang tidak kalah pentingnya dari Sawahlunto adalah, kitanya Pemerintah RI mengabulkan permohonan menjadikan Djamaluddin Adinegoro yang merupakan tokoh pers sebagai Pahlawan Nasional.

“Mudah mudahan harapan masyarakat Sawahlunto, khususnya Talawi yaitu Museum Pers dan gelar Pahlawan Nasional ini dapat diwujudkan Bapak Presiden Jokowi,” kata Asisten Pemko Sawahlunto Irzam, yang didampingi Iriswati Alamsyah yaitu cucu dari Djamaluddin Adinegoro.

Ketika media mencoba menggali kepada pihak keluarga Adinegoro tentang pembangunan Museum Pers ini, rupanya masih menunggu proses penyerahan tanah. Ini akan dirembugkan dulu dengan keluarga besar, Ninik Mamak dan Pemko Sawahlunto. Karena pemerintah baru bisa membangun jika sudah ada penyerahan tanah secara administrasi.

Anjangsana Pers ke Talawi adalah rangkaian acara Hari Pers Nasional tahun 2022 tingkat Sumbar yang dipimpin Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto dan Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos. Acara ini diikuti 50 orang Pengurus PWI, IKWI dan Tim Humas Polda, yang difasilitasi oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Pada kesempatan Anjangsana Pers ini Polda Sumbar menyerahkan buah tangan berupa paket sembako kepada keluarga Adinegoro. “Bantuan ini dari Pak Kapolda, jangan dilihat dari jumlahnya tetapi dari semangat silaturahmi dan keikhlasan kami,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto.

Sementara Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus yang memberi sambutan di Talawi menyampaikan bahwa perjuangan menjadikan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional tengah berjalan prosesnya, merupakan kolaborasi antara PWI Sawahlunto, PWI Sumbar, PWI Pusat, Masyarakat Sejarah Indonesia Sumbar dan Pemko Sawahlunto.

“Ini adalah kerja bersama, perjuangan semua pihak untuk menjadikan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional. Prosesnya tengah berlangsung dan mohon dukungan serta doa semua pihak,” kata Heranof Firdaus.

Menurut Heranof, kegiatan Anjangsana Pers ini merupakan rangkaian HPN 2022 tingkat Sumbar. Nanti puncaknya tanggal 22 Februari 2022 adalah Resepsi HPN di Auditorium Gubernuran Sumbar, yang diisi dengan MOU antara PWI dan Polda Sumbar, Penyerahan Hadiah Lomba Menulis Polda Sumbar, Penyerahan Piagam Penghargaan PWI, Penyematan Press Card Number One PWI dan pemberian santunan kepada janda wartawan.

Pada tanggal 24 Februari 2022 masih ada lagi kegiatan HPN 2022 yaitu Liga Sepakbola Gembira antara tiga kesebelasan yaitu PS Pemprov Sumbar dipimpin Gubernur Mahyeldi, PS Polda Sumbar dipimpin Teddy Minahasa Putra dan PS PWI Sumbar dipimpin Heranof Firdaus. (*)